PENGARUH MEDIA KARTU PANTUN TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PANTUN SISWA KELAS V SDN MENANGGAL 601 SURABAYA

Lestari, Gita (2019) PENGARUH MEDIA KARTU PANTUN TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PANTUN SISWA KELAS V SDN MENANGGAL 601 SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (588kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (158kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (174kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (5MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Lestari, Gita. 2019. Pengaruh Media Kartu Pantun Terhadap
Keterampilan Menulis Pantun Siswa Kelas V SDN Menanggal 601
Surabaya. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Adi Buana
Surabaya. Pembimbing(1) Ida Sulistyawati, S.H., M.Pd.
Pembimbing(2) Apri Irianto, S.H., M.Pd.
Kata Kunci : Media Kartu Pantun, Kuantitatif Deskriptif,
Ketrampilan Menulis Pantun
Pantun merupakan curahan hati yang bersifat liris – subjektif
atau lebih menunjukkan perasaaan pribadi seseorang. Pantun juga di
gunakan dalam upacara adat dan percakapan sehari – hari.
kurangngnya minat siswa untuk belajar menulis, sehingga
menyebabkan interaksi belajar mengajar menjadi tidak efektif dan
efiseien serta tidak sesuai yang di harapkan dengan kurikulum.
Kesulitan yang di hadapi siswa dalam membuat pantun adalah
terletak pada imajinasi yang kurang, faktor terjadinya hal tersebut terletak pada peyampaian materi yang monoton dari pengajar sehingga membuat siswa menjadi jenuh oleh karena itu guru menggunakan media pantun untuk dapat mengembangkan minat
siswa dalam menulis pantun. Rumusan di adakan penelitian ini adalah adakah pengaruh penggunaan media kartu pantun terhadap ketrampilan menulis pantun pada siswa kelas V SDN 601 menanggal surabaya. Tujuan diadakan penelitian ini adalah adakah pengaruh penggunaan media kartu pantun terhadap ketrampilan menulis pantun siswa sehingga dapat mengembangkan minta belajar siswa dalam menulis pantun. Penelitian ini menggunakan kuantitatif deskreptif dan menggunakan media kartu pantun untuk dapat mengetahui ketrampilan menulis pantun. Simpulan hasil penelitian yaitu, ada pengaruh media kartu pantun terhadap ketampilan menulis pantun Siswa Kelas V SDN Menanggal 601 Surabaya .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Guruh Fitriawan PERPUS
Date Deposited: 05 Dec 2022 04:53
Last Modified: 05 Dec 2022 04:53
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2127

Actions (login required)

View Item
View Item