PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III SDN DUKUH MENANGGAL 01/424 SURABAYA

ARISMAN, PUTRI RAHMAWATI (2022) PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III SDN DUKUH MENANGGAL 01/424 SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (113kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (138kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (15kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Arisman, Putri Rahmawati, 2022. Pengaruh Media Audio Viual
Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas III
SDN Dukuh Menananggal 01/424 Surabaya. Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Pedagogi dan
Psikologi. Universitas PGRI Adibuana Surabaya.
Pembimbing (1) Ida Sulistyawati, S.H., M.Pd. Pembimbing
(2) Pana Pramulia, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Media Audio Visual, Hasil Belajar
Ketika proses pembelajaran yang perlu menjadi perhatian
seorang guru adalah bagaimana menciptakan lingkungan kelas yang
kondusif, menyenangkan, menarik untuk belajar salah satunya yaitu
dengan menggunakan media audio visual sebagai pembelajaran,
sehingga dapat menghasilkan hasil belajar yang maksimal bagi para
pendidiknya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh
pembelajaran menggunakan media audio visual terhadap hasil belajar
Bahasa Indonesia siswa kelas III SDN Dukuh Menanggal 01/424
Surabaya.
Peneliti ini menggunakan metode Quasi eksperimen dengan
pendekatan kuantitatif dengan menggunakan posttest only control
design. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive
sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 46 peserta didik.
Penelitian ini dilakukan di kelas IIIC sebagai kelas eksperimen yang
terdiri atas 23 peserta didik dan III B sebagai kelas kontrol yang terdiri
atas 23 peserta didik. Teknik pengumpulan data yaitu tes berupa
posttest. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji analisisyang meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil dari penelitian dan pembahasan, yang dibuktikan dengan hasil analisis data uji hipotesis bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang dapat di simpulkan bahwa menggunakan media audio visual berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar. Kemampuan belajar Bahasa Indonesia siswa kelas eksperimen yang diajarkan melalui media audio visual lebih baik daripada kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Guruh Fitriawan PERPUS
Date Deposited: 02 Dec 2022 08:21
Last Modified: 02 Dec 2022 08:21
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2134

Actions (login required)

View Item
View Item