KEMAMPUAN BERPIKIR KRISTIS SISWA SEKOLAH DASAR DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA MATERI KECEPATAN DAN DEBIT DITINJAU DARIKEMAMPUAN AWAL

Zulfa, Nisfi Indana (2022) KEMAMPUAN BERPIKIR KRISTIS SISWA SEKOLAH DASAR DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA MATERI KECEPATAN DAN DEBIT DITINJAU DARIKEMAMPUAN AWAL. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (706kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (16kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (323kB)
[thumbnail of 8. DAPUS.pdf] Text
8. DAPUS.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (148kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Zulfa, Nisfi Indana. 2022. Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Sekolah
Dasar Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Materi
Kecepatan dan Debit ditinjau dari Kemampuan Awal.
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas
Pedagogi dan Psikologi. Universitas PGRI Adi Buana
Surabaya. Pembimbing (1) Drs. Bahauddin Azmy, M.Pd.,
Pembimbing (2) Via Yustitia, S.Pd., M.Pd.
Kata kunci: kemampuan berpikir kritis, matematika, kecepatan dan
debit
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan berpikir kritis
siswa kelas IV pada materi kecepatan dan debit yang masih rendah.
Tujuan yang dicapai pada penelitian ini adalah untuk
mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar
dalam menyelesaikan matematika materi kecepatan dan debit di
tinjau dari kemampuan awal setela materi diajarkan.
Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif deskriptif
dengan subjek penelitian 3 siswa kelas V-A di SD Hang Tuah 10
Juanda. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode tes
dan wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu soal
matematika berupa cerita berjumlah 5 soal. Teknik analisis data yang
digunakan adalah analisis data menurut Milles dan Huberman yang terdiri dari tiga tahap yaitu, (1) Reduksi data, (2) Penyajian data, dan (3) Verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa kelas V-A di SD Hang Tuah 10 Juanda dalam matematika materi kecepatan dan debit yaitu; Subjek S.3 memperoleh kategori tinggi dengan kemampuan menjawab seluruh soal dengan jawaban yang tepat. Subjek S.10 memperoleh kategori sedang dengan dua kesalahan dalam menghitung jawaban. Subjek S.11 memperoleh kategori rendah dengan kesalahan perhitungan pada tiga jawaban.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Guruh Fitriawan PERPUS
Date Deposited: 05 Dec 2022 02:18
Last Modified: 05 Dec 2022 02:18
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2137

Actions (login required)

View Item
View Item