PENGARUH MEDIA E- FLASHCARD TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS III MATERI WUJUD BENDA SDN KEBOANANOM GEDANGAN

Milania, Sheila Apriyani (2022) PENGARUH MEDIA E- FLASHCARD TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS III MATERI WUJUD BENDA SDN KEBOANANOM GEDANGAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (566kB)
[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (54kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (110kB)
[thumbnail of 8. Daftar Pustaka.pdf] Text
8. Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (91kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Milania, Apriyani Sheila 2022. Pengaruh Media E-Flashcard Terhadap
Motivasi Belajar Siswa Kelas III Materi Wujud Benda SDN
Keboananom Gedangan. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah
Dasar Fakultas Pedagogi dan Psikologi. Universitas PGRI Adi Buana
Surabaya. Pembimbing: (1) Ida Sulistyowati, S.H., M.Pd. (2) Imas
Srinana Wardani, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci : Media E-Flashcard, Motivasi Belajar
E-Flashcard merupakan media pembelajaran berbasis teknologi berupa
kartu digital yang berisikan gambar, tulisan dan simbol guna
memudahkan penyampaian materi pembelajaran. Motivasi belajar
merupakan dorongan yang timbul dalam diri siswa untuk berbuat
mencapai tujuan yang telah ditentukan. Motivasi belajar terdapat dua
macam yaitu motivasi eksternal dan motivasi internal. Motivasi eksternal
merupakan perubahan perilaku pada siswa atas adanya dorongan untuk
memperoleh pujian, hadiah, kompetisi dalam diri siswa, sedangkan
motivasi internal merupakan perubahan yang tumbuh dalam diri siswa
untuk mencapai sebuah tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk
mendiskripsikan adanya pengaruh media e-flashcard terhadap motivasi
belajar siswa kelas III materi wujud benda SDN Keboananom Gedangan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif deskriptif
dengan jenis penelitian Posttest-Only Control Design. Populasi pada
penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Keboananom Gedangan. Sampel pada penelitian ini sebanyak 54 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh media e-flashcard terhadap motivasi belajar siswa kelas III materi wujud benda SDN Keboananom Gedangan, hal ini dibuktikan dengan hasil observasi siswa yang diperoleh sebesar 81% berkategori baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Guruh Fitriawan PERPUS
Date Deposited: 05 Dec 2022 02:01
Last Modified: 05 Dec 2022 02:01
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2140

Actions (login required)

View Item
View Item