PENGARUH PENDEKATAN TPACK (TECHNOLOGY PEDAGOGY CONTENT KNOWLEDGE) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI KEPUH KIRIMAN I WARU

ALIFIA PUTRI, HENDRIYANI (2022) PENGARUH PENDEKATAN TPACK (TECHNOLOGY PEDAGOGY CONTENT KNOWLEDGE) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI KEPUH KIRIMAN I WARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (995kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (14kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (305kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (274kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Hendriyani, Alifia P. 2022. Pengaruh Pendekatan TPACK (Technology
Pedagogy Content Knowledge) Terhadap Hasil Belajar Siswa
Kelas IV SD Negeri Kepuh Kiriman I Waru. Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Pedagogi dan
Psikologi. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
Pembimbing (1) Apri Irianto, S.H., M.Pd. Pembimbing (2)
Susi Hermin Rusminati,S.Pd.,M.Pd.
Kata Kunci: pendekatan TPACK, hasil belajar.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan pendekatan
pembelajaran yang kurang menarik serta banyak yang belum
mengintegrasikan TIK dalam pembelajaran sehingga mengakibatkan
proses pembelajaran menjadi kurang menyenangkan. Proses
pembelajaran masih di dominasi oleh guru sehingga siswa belum aktif
dalam pembelajaran. Saat guru bertanya, hanya beberapa siswa yang
terlihat antusias menjawab dan yang lainnya hanya membisu. Hal ini pun
sangat berpengaruh pada hasil belajar. Tujuan dari penelitian ini ialah
untuk mengetahui pengaruh pendekatan TPACK (Technology Pedagogy
Content Knowledge) terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri
Kepuh Kiriman I Waru.
Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian kuantitatif
dengan jenis dengan desain penelitian quasi eksperimental design dengan
bentuk nonquivalent control group design. Subjek penelitian ini ialah
siswa kelas IV-C SD Negeri Kepuh Kiriman I Waru yang berjumlah 28
anak dan siswa kelas IV-D SD Negeri Kepuh Kiriman I Waru yang
jumlahnya 28 anak. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan ialah tes. Analisis data yang digunakan ialah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis menggunakan aplikasi SPSS versi 16.0 menunjukkan bahwa nilai Sig. (2 tailed) 0,000 < 0,05 maka hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa pendekatan TPACK (Technology Pedagogy Content Knowledge) mempengaruhi hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Kepuh Kiriman I Waru

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Guruh Fitriawan PERPUS
Date Deposited: 05 Dec 2022 01:53
Last Modified: 05 Dec 2022 01:53
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2142

Actions (login required)

View Item
View Item