PENGARUH MODEL SCRAMBLE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI ALAT PENDENGARAN MANUSIA KELAS IV DI SDN KEBOANANOM GEDANGAN SIDOARJO

Hariani, Elda Rizky (2022) PENGARUH MODEL SCRAMBLE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI ALAT PENDENGARAN MANUSIA KELAS IV DI SDN KEBOANANOM GEDANGAN SIDOARJO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. HALAMAN  DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (864kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (169kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (270kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (172kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Rizky Hariani, E. (2022). “Pengaruh Model Scramble Terhadap
Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Alat
Pendengaran Manusia Kelas IV Di SDN Keboananom
Gedangan Sidoarjo”. Skripsi. Program Studi Pendidikan
Guru Sekolah Dasar. Fakultas Pedagogi dan Psikologi.
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Dosen
Pembimbing (1) Drs. Achmad Fanani, S.T., M.Pd. Dosen
Pembimbing (2) Wahyu Susiloningsih, S.Pd., M.Pd.
Kata kunci : Scramble, Berpikir Kritis
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya Pengaruh
Model Scramble Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada
Materi Alat Pendengaran Manusia Kelas IV Di SDN Keboananom
Gedangan Sidoarjo. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas
IV di SDN Kebonanom Gedangan Sidoarjo. Jumlah sampel yang di
ambil sebanyak 22 responden dengan metode purposive sampling.
Berdasarkan penelitian dan hasil analisis data dapat dilihat dari
tabel 4.8 nilai rata-rata post-test untuk hasil berpikir kritis, maka
dapat diketahui bahwa peningkatan nilai rata-rata berpikir kritis pada
kelompok kontrol lebih besar dibandingkan dengan yang terjadi
dengan kelompok eksperimen. Berdasarkan hasil pengujian
hipotesis, hasil post-test diperoleh nilai korelasi pada uji t kelompok
eksperimen 0,751 dan kelompok kontrol sebesar 0,906, dan nilai
signifikansi sebesar 0,000. Nilai signifikansi menyatakan lebih kecil
dari 0,05, maka dapat dikatakan memiliki nilai signifikan dan positif
antara hasil post-test kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada Pengaruh antara
Model Scramble Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada
Materi Alat Pendengaran Manusia Kelas IV Di SDN Keboananom
Gedangan Sidoarjo.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Guruh Fitriawan PERPUS
Date Deposited: 05 Dec 2022 02:05
Last Modified: 05 Dec 2022 02:05
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2145

Actions (login required)

View Item
View Item