PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DRILL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 SUKODONO

Yuliyantika, Rikha (2019) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DRILL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 SUKODONO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (604kB)
[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (297kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (215kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (2MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kata kunci: Hasil belajar matematika dan Metode
pembelajaran drill
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pendekatan
guru saat proses pembelajaran, metode yang digunakan cenderung
membosankan, siswa tidak mampu memahami materi yang diajarkan
oleh guru, banyaknya rumus atau angka-angka dan lemahnya
berhitung siswa sehingga malas belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode
pembelajaran drill materi relasi dan fungsi terhadap hasil belajar
matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sukodono. Metode yang
digunakan adalah true eksperimental dengan pretest posttest control
group design. Penentuan sampel ini menggunakan simple random
sampling. Sampel berjumlah 69 siswa, dengan 35 siswa untuk kelas
eksperimen dan 34 siswa untuk kelas kontrol. Instrument yang
digunakan adalah instrument tes berupa tes essay.
Berdasarkan analisis data tes, diperoleh nilai rata-rata posttest
hasil belajar matematika siswa kelas eksperimen adalah 69,50 dan
nilai rata-rata kelas kontrol adalah 56,85. Hal tersebut didasarkan
pada hasil uji hipotesis dengan nilai = 2.8135 dan =
1.996. Terlihat bahwa dengan 2.8135 > 1.996,
sehingga dapat disimpulkan bahwa ditolak dengan kata lain
diterima yang berarti ada pengaruh metode pembelajaran drill
terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2
Sukodono.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 05 Dec 2022 02:34
Last Modified: 20 Dec 2022 12:14
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2164

Actions (login required)

View Item
View Item