PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI KELAS VIII SMP NEGERI 12 SURABAYA

RUSLY, MUHAMMAD HIBBI (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI KELAS VIII SMP NEGERI 12 SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (489kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (200kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (231kB)
[thumbnail of 8. Daftar Pustaka.pdf] Text
8. Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (522kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: Model Pembelajaran, Discovery Learning, Hasil
Belajar.
Peningkatan hasil belajar matematika sering terjadi
permasalahan pada siswa kelas VIII SMPN 12 Surabaya Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model
pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada
materi relasi dan fungsi kelas VIII SMPN 12 Surabaya, dan untuk
mengetahui besar presentase pengaruh model pembelajaran
discovery learning terhadap kasus belajar siswa pada materi relasi
dan fungsi kelas VIII SMPN 12 Surabaya.
Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian
kuantitatif menggunakan design eksperimen dengan rancangan
posttest. Penelitian ini dilakukan di SMPN 12 Surabaya. Populasi
dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 12 Surabaya.
Sampel yang digunakan adalah siswa kelas VIII-G sebagai
eksperimen yang diberikan model pembelajaran discovery learning,
dan kelas VIII-H sebagai kontrol yang diberikan model pembelajaran
langsung. Instrumen penelitian yang digunakan sebagai tes hasil
belajar matematika adalah 20 butir soal pilihan ganda yang diberikan
kepada dua kelas yang sudah dipertimbangkan oleh peneliti. Teknik
yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji-t menghasilkan nilai
signifikan sebesar 0,006 lebih kecil dari tingkat signifikan yaitu 0,05,
dan t hitung diperoleh sebesar -2,853 dan df diperoleh 72 maka t
tabel pada taraf signifikasi 5% diperoleh -1,99346. Karena nilai t
hitung -2,853 < -1,99346 maka dapat disimpulkan ditolak dan
diterima yang artinya terdapat pengaruh penggunaan model
vi
pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar Matematika
siswa kelas VIII SMPN 12 Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 05 Dec 2022 02:47
Last Modified: 20 Dec 2022 12:13
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2169

Actions (login required)

View Item
View Item