Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Kelas VII SMPN 21 Surabaya

Jazilah, Nur (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Kelas VII SMPN 21 Surabaya. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. Halaman depan.pdf] Text
1. Halaman depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (411kB)
[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (157kB)
[thumbnail of 3. Bab 1.pdf] Text
3. Bab 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (246kB)
[thumbnail of 8. Daftar pustaka dan lampiran.pdf] Text
8. Daftar pustaka dan lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (396kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning,
Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika.
Penelitian ini berlatar belakang kurangnya siswa dalam
kemampuan pemecahan masalah matematika siswa di SMPN 21
Surabaya. Banyak cara untuk meningkatkan kemampuan pemecahan
masalah matematika siswa. Salah satu cara yang dapat digunakan
yaitu dengan menggunakan model pembelajaran problem based
learning. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah
“Apakah ada pengaruh model pembelajaran problem based learning
terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika di SMPN 21
Surabaya”. Tujuannya adalah untuk mengetahui adakah pengaruh
model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan
pemecahan masalah matematika di SMPN 21 Surabaya.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII
SMPN 21 Surabaya. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas
VII-G dan VII-H. Teknik sampel yang digunakan pada penelitian ini
yaitu purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini berupa dokumentasi dan soal tes.
Analisis data menggunakan uji normalitas, homogenitas
serta uji-t. Berdasarkan analisis data yang diperoleh bahwa sampel
tersebut berdistribusi normal dan homogen. Dengan analisis data
menggunakan uji-t diperoleh thitung = 2,1185 dengan taraf signifikan
0,05. Hal tersebut menunjukkan thitung lebih besar dari ttabel, maka
kesimpulannya ada pengaruh model pembelajaran problem based
learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika
siswa di SMPN 21 Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 05 Dec 2022 03:09
Last Modified: 20 Dec 2022 12:01
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2173

Actions (login required)

View Item
View Item