KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR DENGAN GAYA BELAJAR VISUAL DI SDN KEBOANANOM

RESZA, FITRI DWI (2022) KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR DENGAN GAYA BELAJAR VISUAL DI SDN KEBOANANOM. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adibuana Surabaya.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (722kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (9kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (89kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (130kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Resza, Fitri Dwi. 2022. Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas
V Sekolah Dasar Dengan Gaya Belajar Visual Di SDN
Keboananom. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Fakultas Pedagogi dan Psikologi. Universitas PGRI Adi Buana
Surabaya. Dosen Pembimbing (1) Drs. Bahauddin Azmy,
M.Pd. (2) Via Yustitia, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Literasi Matematika, Gaya Belajar Visual.
Berdasarkan hasil tes PISA 2015 menunjukan bahwa
kemampuan literasi matematika siswa Indonesia masih tergolong
rendah. Salah satu faktor yang mempengaruhi capaian kemampuan
literasi matematika adalah gaya belajar. Tujuan penelitian ini untuk
mendeskripsikan kemampuan literasi matematika siswa kelas V
sekolah dasar dengan gaya belajar visual.
Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian
kualitatif deskriptif. Pemilihan subjek diperoleh melalui angket gaya
belajar, sehingga terpilihlah 2 siswa (S1) dan (S2) kelas V dengan
gaya belajar visual. Data penelitian diperoleh melalui metode tes dan
wawancara. Keabsahan data dengan menggunakan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa 1 (S1) sudah
mampu melakukan prosedur dengan berurutan dan tepat, menerapkan
strategi sederhana untuk memecahkan masalah serta menyelesaikan
strategi sederhana dengan tepat, namun dalam menyimpulkan dan
memberikan alasan kurang tepat. Sedangkan siswa 2 (S2) kurang tepat
dalam melakukan prosedur, menafsirkan dan menyelesaikan strategi
yang telah dipilih serta dalam menyimpulkan dan memberikan alasan,
sehingga hanya mampu menerapkan strategi sederhana saja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Ilham Komarudin PERPUS
Date Deposited: 05 Dec 2022 03:37
Last Modified: 05 Dec 2022 03:37
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2180

Actions (login required)

View Item
View Item