PENGARUH PENDEKATAN SCIENTIFIC TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 22 SURABAYA

Aryani, Ratri Gista (2019) PENGARUH PENDEKATAN SCIENTIFIC TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 22 SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (705kB)
[thumbnail of 2. Abstrak.pdf.pdf] Text
2. Abstrak.pdf.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (338kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf.pdf] Text
3. BAB I.pdf.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (240kB)
[thumbnail of 8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf.pdf] Text
8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci : pendekatan scientific, pendekatan problem posing,
kemampuan berpikir kritis matematis.
Penelitian ini dilatar belakangi suatu masalah yaitu rendahnya
kemampuan berpikir kritis matematis siswa dalam pembelajaran
matematika. Karna hal itulah peneliti menerapkan suatu pendekatan
pembelajaran matematika yaitu pendekatan scientific agar
meningkatkan dan mengembangkan kemampuan berpikir kritis
matematis pada siswa. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui pengaruh pendekatan scientific terhadap kemampuan
berpikir kritis matematis siswa kelas VIII.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain
quasi experimental. Teknik pengumpulan data menggunakan metode
dokumentasi dan tes kemampuan berpikir kritis matematis. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 22
Surabaya. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan
teknik purposive sampling yang dipilih berdarkan kemampuan yang
relatif sama. Dan diperoleh dua kelas yaitu kelas yang diajar dengan
pendekatan scientific adalah kelas VIII B sedangkan untuk kelas
yang diajar dengan pendekatan problem posing adalah kelas VIII E.
Berdasarkan analisis data didapatkan bahwa uji normalitas kelas
yang diajar dengan pendekatan scientific berdistribusi normal,
sedangkan pada kelas yang diajar dengan pendekatan problem posing
juga berdistribusi normal. Pada uji homogenitas varians kedua kelas
bersifat homogen. Sedangkan pada uji-t nilai
dengan menggunakan taraf signigikan ,
maka ditolak dan diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada
pengaruh pendekatan scientific terhadap kemampuan berpikir kritis
matematis siswa kelas VIII di SMP Negeri 22 Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika
Depositing User: Bambang Hadi PERPUS
Date Deposited: 05 Dec 2022 04:27
Last Modified: 05 Dec 2022 04:27
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2188

Actions (login required)

View Item
View Item