PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KREATIVITAS SISWA MATERI HIMPUNAN KELAS VII MTs. MUHAMMADIYAH 1 TAMAN

Ulhaq, Moch. Ziah (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KREATIVITAS SISWA MATERI HIMPUNAN KELAS VII MTs. MUHAMMADIYAH 1 TAMAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. halaman depan.pdf] Text
1. halaman depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (6MB)
[thumbnail of 2.Abstrak.pdf] Text
2.Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (31kB)
[thumbnail of 3.BAB I.pdf] Text
3.BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (43kB)
[thumbnail of 8.Dafttar Pustaka daan lampiran.pdf] Text
8.Dafttar Pustaka daan lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Hasil
Belajar, Kreativitas Siswa.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar
siswa dan kurangnya kreativitas siswa dalam mengerjakan soal-soal
matematika.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil
belajar dan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
Problem Based Learning (PBL) dan kreativitas terhadap hasil belajar
siswa.
Dalam Penelitian ini, menggunakn penelitian eksperimen
dengan rancangan berbentuk Randomized Control-Posttest Design
Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII Mts.
Muhammadiyah 1 Taman. Sedangkan sampel dari penelitian ini
adalah kelas VII Reg B sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 24
siswa dan kelas VII Reg A sebagai kelas kontrol dengan jumlah 26
siswa.
Hasil analisis kelompok dengan treatment sebesar 82,3 dan
kelompok tanpa treatment sebesar 76,93 sedangkan untuk nilai ratarata kreativitas metematika siswa kelompok dengan treatment
sebesar 31,8333 dan kelompok tanpa treatment sebesar 29,2692.
Sehingga disimpulkan ada pengaruh model pembelajaran Problem
Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar dan kreativitas
matematika siswa, khususnya pada materi himpunan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika
Depositing User: Bambang Hadi PERPUS
Date Deposited: 05 Dec 2022 04:50
Last Modified: 05 Dec 2022 04:50
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2194

Actions (login required)

View Item
View Item