ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL BERDASARKAN ANALISIS NEWMAN KELAS X SMA INTENSIF TARUNA PEMBANGUNAN SURABAYA

Sujoko (2019) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL BERDASARKAN ANALISIS NEWMAN KELAS X SMA INTENSIF TARUNA PEMBANGUNAN SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (784kB)
[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (172kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (229kB)
[thumbnail of 8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf] Text
8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci: Kesalahan, Soal Cerita, Analisis Newman.
Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya kemampuan
siswa dalam menyelesaikan soal cerita. Peneliti merumuskan
masalah yaitu apa saja kesalahan siswa dan berapa persentase
kesalahan siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui
kesalahan siswa dan berapa persentase kesalahan siswa. Penelitian
ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian
deskriptif dan menggunakan analisis Newman sebagai dasar
penelitian. Subjek penelitian ini adalah 34 siswa kelas X MIA 2
SMA Intensif Taruna Pembangunan tahun ajaran 2018/2019 untuk
diberikan tes tertulis berupa soal cerita dan di ambil 3 siswa yang
melakukan kesalahan terbanyak untuk dilakukan wawancara.
Analisis data dengan cara mereduksi data, menyajikan data dalam
bentuk tabel untuk di deskripsikan yang kemudian dapat di ambil
kesimpulan. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa
(1) Pada tahap membaca siswa tidak mengalami kesulitan berarti
sehingga tidak ada kesahan pada tahap membaca. (2) Pada tahap
memahami sebanyak 37.15%. (3) Pada tahap transformasi sebanyak
13.04%. (4) Tahap ketrampilan proses sebanyak 20.94%. (5)
penulisan jawaban akhir sebanyak 28.85%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika
Depositing User: Bambang Hadi PERPUS
Date Deposited: 05 Dec 2022 05:13
Last Modified: 05 Dec 2022 05:13
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2199

Actions (login required)

View Item
View Item