EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PERMAINAN ANDROID “ALGEBRAHOLIC” UNTUK PENANAMAN KONSEP PENYELESAIAN OPERASI ALJABAR PADA SISWA KELAS VII SMPN 22 SURABAYA

LUTFI, DITA MUTIARA AISYAH (2019) EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PERMAINAN ANDROID “ALGEBRAHOLIC” UNTUK PENANAMAN KONSEP PENYELESAIAN OPERASI ALJABAR PADA SISWA KELAS VII SMPN 22 SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (564kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (107kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (85kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci: Aktivitas Siswa, Efektivitas, Hasil belajar, Operasi
Aljabar, Permainan Edukasi, Respon Siswa.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran matematika
disekolah yang terjadi selama ini cenderung monoton, karena guru
hanya menerangkan rumus dan siswa hanya menerimanya. Salah satu
strategi untuk mengatasi masalah tersebut ialah dibutuhkannya media
pembelajaran yang kreatif agar siswa berperan aktif dan termotivasi
untuk terus belajar. Media pembelajaran yang digunakan dalam
penelitian ini adalah permainan edukasi “Algebraholic” dengan
berbasis android yang akan diuji efektivitasnya melalui aktivitas,
hasil belajar, serta respon siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektif atau tidaknya
pembelajaran menggunakan media berbasis permainan android
“Algebraholic” dalam pembelajaran matematika. Metode yang
digunakan untuk penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Batasan
yang akan diuji ke efektifannya dalam penelitian ini meliputi aktivitas
siswa selama pembelajaran aktif, hasil belajar siswa secara klasikal
tuntas, respon siswa setelah mengikuti pembelajaran positif.
Hasil dari penelitian ini meliputi aktivitas siswa selama
pembelajaran sangat aktif dengan persentase 80,9%, hasil belajar
secara klasikal tuntas karena telah mencapai 92%, respon siswa
setelah pembelajaran sangat positif dengan persentase 95,79%. Hal ini
menunjukkan bahwa penerapan media pembelajaran berbasis
permainan android “Algebraholic” untuk penanaman konsep
penyelesaian operasi aljabar pada siswa kelas VII SMPN 22 Surabaya
adalah efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika
Depositing User: Bambang Hadi PERPUS
Date Deposited: 05 Dec 2022 05:42
Last Modified: 05 Dec 2022 05:42
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2203

Actions (login required)

View Item
View Item