PROFIL PENALARAN DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN SISWA KELAS VIII-G SMP NEGERI 51 SURABAYA

Stani, Dwinta (2019) PROFIL PENALARAN DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN SISWA KELAS VIII-G SMP NEGERI 51 SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1.HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1.HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (792kB)
[thumbnail of 2.ABSTRAK.pdf] Text
2.ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (286kB)
[thumbnail of 3.BAB 1.pdf] Text
3.BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (219kB)
[thumbnail of 8.DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8.DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (100kB)

Abstract

Kata Kunci: Penalaran, Kepribadian Guardian, Artisan, Rational,
Idealis.
Penalaran merupakan aktivitas berfikir dalam pengambilan keputusan.
Sedangkan tipe kepribadian berhubungan dengan sikap dan tingkah laku
yang dilakukan dalam pengambilan keputusan. Sehingga penalaran
berkaitan erat dengan tipe kepribadian. Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk mendeskripsikan profil penalaran siswa SMP dalam memecahkan
masalah matematika ditinjau dari tipe kepribadian. Penelitian ini merupakan
penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode angket dan
wawancara berbasis tugas. Dengan empat subjek siswa kelas VIII-G SMPN
51 Surabaya yang masing-masing mempunyai tipe kepribadian yang
berbeda dan nilai ulangan harian siswa yang setara. Berdasarkan hasil
penelitian menunjukkan bahwa subjek guardian dalam menemukan pola dan
hubungan sudah tepat. Subjek guardian dalam mengajukan dugaan sudah
tepat. Subjek guardian dalam menarik kesimpulan dengan suatu pernyataan
umum. Subjek guardian dalam memeriksa kesahihan suatu argumen dengan
menunjukkan contoh pendukung. Subjek artisan dalam membuat pola dan
hubungan dengan membuat coretan terlebih dahulu. Subjek artisan dalam
membuat dugaan dengan menggunakan simbol. Subjek artisan dalam
menarik kesimpulan dengan bentuk simbol. Subjek artisan dalam
memeriksa kesahihan suatu argumen dengan menunjukkan contoh
pendukung. Subjek rational dalam menemukan pola dan hubungan dengan
mengamati informasi. Subjek rational dalam mengajukan dugaan sudah
tepat. Subjek rational dalam menarik kesimpulan dengan menggunakan
suatu pernyataan umum. Subjek rational dalam memeriksa kesahihan suatu
argumen dengan tidak menunjukkan contoh pendukung Selanjutnya,
ii
Subjek idealis dalam menemukan pola dan hubungan terlebih dahulu
mengumpulkan informasi dengan mendaftar informasi sebelumnya. Subjek
idealis dalam mengajukan dugaan sudah tepat. Subjek idealis dalam
menarik kesimpulan dengan menggunakan suatu pernyataan umum. Subjek
idealis dalam memeriksa kesahihan suatu argumen dengan tidak
menunjukkan contoh pendukung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika
Depositing User: Bambang Hadi PERPUS
Date Deposited: 05 Dec 2022 05:47
Last Modified: 05 Dec 2022 05:47
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2204

Actions (login required)

View Item
View Item