PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA UNTUK SISWA SMP PGRI 1 SURABAYA

Insyirah, Effryani Budi (2019) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA UNTUK SISWA SMP PGRI 1 SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (613kB)
[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (10kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (287kB)
[thumbnail of 8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf] Text
8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (703kB)

Abstract

Kata Kunci: pemecahan masalah, pendekatan, Realistic
Mathematic Education (RME).
Latar belakang dilakukan penelitian ini adalah karena
matematika masih menjadi mata pelajaran yang dianggap sulit
oleh siswa. Siswa merasa tidak paham materi prasyarat, kurang
mampu mengubah soal menjadi kalimat matematika, atau hal
lainnya yang menyebabkan kesulitan menyelesaikan soal. Saat ini
sistem pembelajaran sudah modern, namun tidak semua
pendekatan mampu diterapkan dalam kelas terutama mata
pelajaran matematika.
Tujuan dilakukannya penelitian ini agar siswa dan guru
lebih mengenal pendekatan pembelajaran Realistic Mathematic
Education (RME). Pendekatan pembelajaran RME adalah
pendekatan pembelajaran dengan memanfaatkan kehidupan
sehari-hari. Jenis penelitian ini merupakan penelitian PreExperimental Design dengan pendekatan kuantitatif dan
menggunakan desain One-Group Pretest-Posttest Design.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di
SMP PGRI 1 Surabaya dan sampel dari penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas VIII-D di SMP PGRI 1 Surabaya.
Hasil dari penelitian terdapat pengaruh pendekatan
Realistic Mathematic Education (RME) terhadap kemampuan
pemecahan masalah matematika untuk siswa SMP PGRI 1
Surabaya. Banyak kemajuan yang diterima oleh siswa setelah
menerima pendekatan pembelajaran Realistic Mathematic
Education (RME). Siswa lebih memahami apa yang diminta soal
dan menjawabnya lebih baik dibanding sebelum diterapkan
pendekatan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika
Depositing User: Bambang Hadi PERPUS
Date Deposited: 05 Dec 2022 05:52
Last Modified: 05 Dec 2022 05:52
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2205

Actions (login required)

View Item
View Item