PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATERI LUAS PERSEGI PANJANG SISWA KELAS IV SDN MENANGGAL 601 SURABAYA

Evitadianti, Delia (2019) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATERI LUAS PERSEGI PANJANG SISWA KELAS IV SDN MENANGGAL 601 SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (724kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (98kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (374kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (8MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Evitadianti, Delia. 2018. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Materi Luas
Persegi Panjang Siswa Kelas IV SDN Menanggal 601
Surabaya. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah
Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
Pembimbing (1) Drs. Triman Juniarso, M.Pd Pembimbing (2) Drs.
Bahauddin Azmy, M.Pd
Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Berpikir Kritis.
Model pembelajaran merupakan salah satu komponen dalam
proses pembelajaran. Penggunaan model pembelajaran harus sesuai dengan materi yang akan disampaikan, hal ini bertujuan agar siswa mampu memahami dan menerima materi pembelajaran dengan jelas selain itu agar siswa dapat terlatih untuk memecahkan suatu permasalahan, berpikir kritis, logis dan mampu mengambil keputusan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses penerapan dan pengaruh penggunaan model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV pada materi luas persegi panjang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan dalam penerapan model Problem Based Learning pada pembelajaran berupa aktivitas pendidik sebesar 91% dan aktivitas peserta didik sebesar 89% yang termasuk dalam kategori sangat baik, dan setelah dilakukan uji hipotesis oleh peneliti, diperoleh data bahwa thitung > ttabel atau 16,8 >1,980 maka Ho ditolak artinya terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis materi luas persegi panjang siswa kelas IV SDN Menanggal 601 Surabaya. Kesimpulan dan saran diberikan agar penelitian ini dapat bermanfaat bagi pembaca, khususnya bagi pendidik dan peneliti lain yang ingin menggunakan atau menginovasi model pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Guruh Fitriawan PERPUS
Date Deposited: 05 Dec 2022 06:14
Last Modified: 07 Dec 2022 04:00
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2208

Actions (login required)

View Item
View Item