PENGARUH MEDIA SCRAPMA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA TEMA 3 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 3 SISWA KELAS IV SDN MENANGGAL 601 SURABAYA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

PENI, NINDYA TRIPUSPA (2019) PENGARUH MEDIA SCRAPMA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA TEMA 3 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 3 SISWA KELAS IV SDN MENANGGAL 601 SURABAYA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (646kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (161kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (171kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (9MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Peni, Nindya Tripuspa. 2019. Pengaruh Media Scrapma Terhadap
Hasil Belajar Pada Tema 3 subtema 1 Pembelajaran 3 Siswa
Kelas IV SDN Menanggal 601 Surabaya Tahun Pelajaran
2018/2019. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah
Dasar. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
Pembimbing: (1) Drs. Bahauddin Azmy, M.Pd. (2) Drs. H. Atnuri, S.H.,M.Pd.
Kata Kunci: media scrapma (scrapbook tematik), hasil belajar,
pembelajaran tematik.
Penelitian ini berdasarkan pada kondisi di lapangan siswa yang
menganggap bahwa materi pelajaran IPA pada pembelajaran tematik
kurang menyenangkan dan sulit untuk dimengerti. Penggunaan
media sangat diperlukan dalam kegiatan pembelajaran tematik.
Dengan menggunakan media yang inovatif dan kreatif, yaitu media
Scrapma (Scrapbook Tematik) dapat menjadi alat bantu untuk
mempermudah siswa memahami konsep bagian-bagian tumbuhan
pada materi pelajaran IPA. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui
aktivitas guru dan siswa dalam penggunaan media Scrapma
(Scrapbook Tematik) serta untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Scrapma (Scrapbook Tematik) terhadap hasil belajar kognitif pada tema 3 subtema 1 pembelajaran 3 muatan pelajaran IPA siswa kelas IV SDN Menanggal 601 Surabaya.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian Quasi Experimental Design- Postest Only Control Design. Sampel penelitian siswa kelas IV yang berjumlah 78 siswa, penentuan kelas kontrol dan kelas eksperimen menggunakan teknik Random Sampling. Untuk pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan analisis uji-t dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru dan siswa dalam menggunakan media Scrapma (Scrapbook Tematik) sangat baik dan terdapat pengaruh penggunaan media Scrapma (Scrapbook Tematik) terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas IV SDN Menanggal 601 Surabaya pada mata pelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Guruh Fitriawan PERPUS
Date Deposited: 05 Dec 2022 07:01
Last Modified: 05 Dec 2022 07:01
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2210

Actions (login required)

View Item
View Item