Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV SDN Gayungan II Surabaya

Susilowati, Elvina (2022) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV SDN Gayungan II Surabaya. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (874kB)
[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (266kB)
[thumbnail of 3. BAB 1.pdf] Text
3. BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (303kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (259kB)
[thumbnail of 9. Lampiran.pdf] Text
9. Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (4MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh temuan hasil observasi di kelas IV Sekolah Dasar Negeri Gayungan II Surabaya, diketahui bahwa hasil belajar berdasarkan ketuntasan klasikal masih rendah. Hal tersebut dikarenakan guru banyak menggunakan pembelajaran interaktif dalam proses pembelajaran. Pembelajaran interaktif merupakan metode yang bersifat satu arah, kegiatan pembelajaran didomisi oleh guru sehingga keaktifan peserta didik dalam pembelajaran menjadi rendah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis penelitian eksperimen yang digunakan adalah Quasi Eksperimen Desain dengan bentuk Posttest Only Control Design. Penyebaran soal test dilakukan pada kelas IV A sebagai kelas kontrol dan kelas IV B sebagai kelas eksperimen. Jumlah siswa pada tiap kelas sebanyak 30 peserta didik. Data yang diambil atau diperoleh akan dianalisis dengan menggunakan software SPSS versi 25. Pengujian data yang di lakukan meliputi uji homogenitas, uji normalitas, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, penulis memperoleh kesimpulan bahwa perangkat penelitian yang digunakan adalah validasi rencana pelaksanaan pembelajaran yang diperoleh nilai 3,96 dengan kategori sangat baik. Dan validasi lembar soal tes hasil belajar dengan diperoleh nilai 3.91 dengan kategori sangat baik yang berarti perangkat tersebut sudah layak digunakan saat penelitian. Dari hasil perhitungan uji homogenitas diperoleh nilai Sig. 0,069 dengan ketentuan jika Sig < 0,05 maka data tersebut dinyatakan bersifat homogen.
Kata kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS), Ilmu Pengetahuan Sosial, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Endah Yuni PERPUS
Date Deposited: 05 Dec 2022 06:45
Last Modified: 05 Dec 2022 06:45
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2214

Actions (login required)

View Item
View Item