PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI VOLUME BALOK KELAS V SDN KEBONDALEM MOJOSARI

NABILA, NI’MATUL (2022) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI VOLUME BALOK KELAS V SDN KEBONDALEM MOJOSARI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADIBUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (260kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (35kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (118kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (94kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Nabila N. 2022. Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap
Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Volume Balok.
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas
pedagogi dan Psikologi. Universitas PGRI Adi Buana
Surabaya. Pembimbing (1) Drs. Bahauddin Azmy.,M.Pd (2)
Via Yustitia., S.Pd., M.Pd
Kata Kunci: Model Discovery Learning, Kemampuan berpikir kritis,
Matematika
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar
matematika di indonesia yang rendah, terbukti dari hasil Trend
International Mathematics and science study (TIMMS) menyatakan
bahwa tingkat kemampuan berpikir kritis siswa di Indonesia sangat
rendah. Data PISA menunjukkan bahwa hasil Indonesia berada di
urutan ke 50 dari 57 negara dengan rata-rata skor 391. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model
discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada
materi volume balok kelas V SDN Kebondalem Mojosari.
Jenis penelitian eksperimen dalam penelitian ini dengan desain
posttest-only with Nonequivalent. Populasinya adalah seluruh siswa
kelas V SDN Kebondalem Mojosari. Teknik pada penelitian ini
menggunakan cluster random sampling. Sampel yang digunakan
dalam penelitian ini menggunakan siswa kelas VA dan VB SDN
Kebondalem Mojosari. Metode penelitian ini adalah tes. Instrumen
pada penelitian ini menggunakan lembar tes kemampuan berpikir
kritis. Analisis data yang digunakan adalah uji homogenitas, uji
normalitas dan uji T.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model
Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada
materi volume balok kelas V SDN Kebondalem Mojosari. Hal ini
dibuktikan dengan rata-rata kemampuan berpikir kritis kelas
eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Guruh Fitriawan PERPUS
Date Deposited: 05 Dec 2022 19:39
Last Modified: 05 Dec 2022 19:39
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2221

Actions (login required)

View Item
View Item