PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MULTIMEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI HIMPUNAN DI SMPN 48 SURABAYA

FAJRIYAH, LAILATUL (2019) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MULTIMEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI HIMPUNAN DI SMPN 48 SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (727kB)
[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (20kB)
[thumbnail of 3. BAB 1.pdf] Text
3. BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (65kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci: Model Problem Based Learning Berbantuan
Multimedia, Hasil Belajar Matematika, Himpunan
Penelitian ini berlatar belakang kurangnya siswa dalamkemampuan pemecahan masalah matematika siswa di SMPN 48
Surabaya. Banyak cara untuk meningkatkan kemampuan pemecahan
masalah matematika siswa. Salah satu cara yang dapat digunakan
yaitu dengan menggunakan model pembelajaran problem based
learning. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah
“Apakah ada pengaruh model pembelajaran problem based learning
Berbantuan Muktimedia terhadap Hasil Belajar Matematika di
SMPN 48 Surabaya”. Tujuannya adalah untuk mengetahui adakah
pengaruh model pembelajaran problem based learning Berbantuan
Multimedia terhadap hasil belajar matematika siswa di SMPN 48
Surabaya.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII
SMPN 48 Surabaya. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas
VII-G dan VII-H. Teknik sampel yang digunakan pada penelitian ini
yaitu purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalampenelitian ini berupa dokumentasi dan soal tes.
Analisis data menggunakan uji normalitas, homogenitas serta
uji-t. Berdasarkan analisis data yang diperoleh bahwa sampel
tersebut berdistribusi normal dan homogen. Dengan analisis data
menggunakan uji-t diperoleh thitung = 2,1185 dengan taraf signifikan
0,05. Hal tersebut menunjukkan thitung lebih besar dari ttabel, maka
kesimpulannya ada pengaruh model problem based learning
berbantuan multimedia terhadap hasil belajar matematika siswa di
SMPN 48 Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika
Depositing User: Bambang Hadi PERPUS
Date Deposited: 05 Dec 2022 07:20
Last Modified: 05 Dec 2022 07:20
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2224

Actions (login required)

View Item
View Item