PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) TERHADAP KEMAMPUAN KERJASAMA SISWA KELAS III TEMA 3 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 1 SD HANG TUAH 10 JUANDA

Purwati, Yeni Dwi (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) TERHADAP KEMAMPUAN KERJASAMA SISWA KELAS III TEMA 3 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 1 SD HANG TUAH 10 JUANDA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (851kB)
[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (24kB)
[thumbnail of 3. BAB 1.pdf] Text
3. BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (201kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (285kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Purwati, Yeni Dwi. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) Terhadap
Kemampuan Kerjasama Siswa Kelas III Tema 3 Subtema 2
Pembelajaran 1 SD Hang Tuah 10 Juanda. Skripsi.
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
Pembimbing :
1.)Dra. Dian Kusmaharti, S.Si., M.Pd,
2.) Danang Prastyo,S.Pd., M.Pd.
Kata kunci: NHT Numbered Head Together), Kemampuan Kerjasama
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model
pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap kemampuan kerjasama
siswa kelas III SD Hang Tuah 10 Juanda. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas III SD Hang Tuah 10 Juanda. Sampel pada penelitian adalah siswa kelas III-A sebagai kelas eksperimen dan kelas III-C sebagai kelas kontrol.
Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimental Design,
sedangkan desain penelitian ini adalah Posttest Only Control Group Design (Nonequivalent Control Group Design). Teknik
pengumpulan data dilakukan dengan observasi penerapan model
NHT dan tes sikap kerjasama. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data statistik deskriptif inferensial dengan perhitungan manual. Teknik analisis data menggunakan uji-t.
Berdasarkan hasil observasi penerapan model pembelajaran
NHT dikategorikan sebagai proses pembelajaran yang sangat baik. Sedangkan dari hasil perhitungan nilai tes sikap terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap sikap kerjasama siswa kelas III SD Hang Tuah 10 Juanda. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan dengan taraf signifikasi 5% diperoleh hasil thitung > ttabel atau 3,29 > 2,00 maka ada pengaruh penggunaan
model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap sikap kerjasama siswa kelas III SD Hang Tuah 10 Juanda.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Guruh Fitriawan PERPUS
Date Deposited: 05 Dec 2022 08:24
Last Modified: 05 Dec 2022 08:25
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2225

Actions (login required)

View Item
View Item