PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V SDN KETABANG SURABAYA

Wijayanti, Indri Dwi Kurnia (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V SDN KETABANG SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (873kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (361kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (389kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (469kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Wijayanti, Indri Dwi Kurnia. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran
Tematik Kelas V SDN Ketabang Surabaya. Skripsi.
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
Pembimbing :
(1)Apri Irianto, SH, M,Pd,
(2) Via Yustitia,S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TWO STAY TWO
STRAY (TSTS), Kemampuan Berpikir Kritis
Peranan model pembelajaran sangat penting, salah satunya yaitu model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) yang digunakan untuk membuat suasa belajar di dalam kelas lebih aktif, bertanggung jawab, saling membantu memecahkan masalah, dan saling mendorong satu sama lain di dalam kelompoknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran tematik kelas V SDN Ketabang Surabaya. Manfaat penelitian ini berguna untuk peneliti, guru, dan sekolah.
Rancangan penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan
menggunakan Posttest-Only Control Design. Pengambilan sampel
dilakukan secara non-Probability Sampling. Populasi menggunakan siswa kelas V SDN Ketabang Surabaya dengan kelas eksperimen dengan jumlah siswa 36 orang dan kelas kontrol dengan jumlah siswa 37 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Teknik analisis data menggunakan uji Independent T-Test dengan program SPSS versi 16.
Hasil uji normalitas kelas A, B, dan C berasal dari populasi
yang berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas kelas A,B, dan C mempunyai varian yang sama. Sehingga, dapat disimpulkan data nilai kelas A, B, dan C bersifat homogen. Hasil uji Independent TTest H0 ditolak dengan kata lain H1 diterima dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran tematik kelas V SDN Ketabang Surabaya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Guruh Fitriawan PERPUS
Date Deposited: 05 Dec 2022 08:36
Last Modified: 05 Dec 2022 08:36
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2228

Actions (login required)

View Item
View Item