PENGARUH PERMAINAN MENGKREASIKAN LAGU TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PANTUN SISWA KELAS V TEMA 4 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 2 SD HANG TUAH 10 JUANDA

Devy, Nurul Amalia (2019) PENGARUH PERMAINAN MENGKREASIKAN LAGU TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PANTUN SISWA KELAS V TEMA 4 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 2 SD HANG TUAH 10 JUANDA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (789kB)
[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (259kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (259kB)
[thumbnail of 8. Daftar Pustaka & Lampiran.pdf] Text
8. Daftar Pustaka & Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (2MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Devy, Nurul Amalia. 2019. Pengaruh Permainan Mengkreasikan
Lagu Terhadap Keterampilan Menulis Pantun Siswa Kelas V
Tema 4 Subtema 1 Pembelajaran 2 SD Hang Tuah 10
Juanda.Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah
Dasar. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
Pembimbing:
(1) Dra. Dian Kusmahartini, S.Si., M.Pd.,
(2) Danang Prastyo,S.Pd., M.Pd.
Kata kunci: Permainan mengkreasikan lagu, keterampilan menulis pantun
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh permainan
mengkreasikan lagu terhadap keterampilan menulis pantun siswa
kelas V SD Hang Tuah 10 Juanda. Populasi penelitian ini adalah kelas V SD Hang Tuah 10 Juanda. Sampel yang digunakan siswa kelas VB sebagai kelas kontrol dan kelas V-C sebagai kelas eksperimen. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Eksperimental Design-Posttest Only Control Group Design (Nonequivalent Control Group Design).Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes menulis pantun. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data statistik deskriptif inferensial dengan perhitungan berbantuan program SPSS 16.0. Teknik analisis data menggunakan Rata-rata Tingkat Penguasaan (RTP) dan uji T. Berdasarkan perhitungan olah data hasil tes menulis pantun siswa kelas V SD Hang Tuah 10 Juanda dikualifikasikan ”Baik” perhitungan dengan uji Independent Sampel T-Test berbantuan program SPSS 16.0 diperoleh Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 maka H0 ditolak. Artinya ada pengaruh permainan mengkreasikan lagu terhadap keterampilan menulis pantun siswa kelas V SD Hang Tuah 10 Juanda.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Guruh Fitriawan PERPUS
Date Deposited: 05 Dec 2022 08:31
Last Modified: 05 Dec 2022 08:31
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2229

Actions (login required)

View Item
View Item