EFEKTIVITAS DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA QUESTION CARD TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN TENGGILIS MEJOYO I SURABAYA

AMRULLAH, MUHAMMAD FAHMI (2022) EFEKTIVITAS DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA QUESTION CARD TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN TENGGILIS MEJOYO I SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adibuana Surabaya.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (582kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (40kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (112kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (72kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Amrullah, Muhammad Fahmi. 2022. Efektifitas Discovery Learning berbantuan media Question Card terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Tenggilis Mejoyo I Surabaya. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Pedagogi dan Psikologi. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing (1) Drs. Triman Juniarso., M.Pd. Pembimbing (2) Via Yustitia, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Discovery Learning, Media Question Card
Mata pelajaran IPS dilatarbelakangi oleh pertimbangan bahwa siswa di masa mendatang akan menghadapi tantangan berat seiring berkembangnya kehidupan masyarakat global yang selalu berubah. Oleh karena itu dibutuhkan pelajaran IPS yang tepat sesuai dengan kebutuhan siswa. Dalam penelitian ini dideskripsiskan Efeketivitas dari penerapan model Discovery Learning berbantuan media Question Card terhadap hasilo belajar peserta didik dalam pembelajaran IPS kelas IV SDN Tenggilis Mejoyo I Surabaya. Tujuan penelitian dilakukan peneliti untuk menganalisis efektivitas dari model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media Question Card terhadap hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPS kelas IV SDN Tenggilis Mejoyo I Surabaya.
Penelitian ini menggunakan desain pendekatan kuantitatif jenis deskriptif, ada tiga teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis observasi keterlaksanaan pembelajaran, analisis tes hasil belajar dan analisis angket minat belajar. Dalam penelitian ini dideskripsiskan Efeketivitas dari penerapan model Discovery Learning berbantuan media Question Card terhadap hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPS kelas IV SDN Tenggilis Mejoyo I Surabaya. Hasil Observasi aktivitas peneliti dalam mengetahui efektivitas model Discovery Learning berbantuan media Question card dalam pembelajaran Tema 4 Subtema 1 Jenis-jenis pekerjaan Pembelajaran 2 Kelas IV A SDN Tenggilis Mejoyo I Surabaya oleh peneliti dikatakan dalam kategori tinggi. 2. Hasil belajar peserta didik menggunakan model Discovery Learning berbantuan media Question Card dalam pembelajaran Tema 4 Subtema 1 Jenis-jenis pekerjaan Pembelajaran 2 Kelas IV A SDN Tenggilis Mejoyo I Surabaya yaitu berupa test pengetahuan memperoleh nilai dengan rata-rata dengan kategori sangat baik. 3. Respon peserta didik pada model Discovery Learning berbantuan media Question card dalam pembelajaran Tema 4 Subtema 1 Jenis-jenis pekerjaan Pembelajaran 2 Kelas IV A SDN Tenggilis Mejoyo I Surabaya Tahun pelajaran 2021/2022 mendapatkan respon positif. Pembelajaran menggunakan model Discovery Learning berbantuan media Question Card dalam pembelajaran IPS pada Tema 4 Subtema 1 Jenis-jenis pekerjaan Pembelajaran 2 Kelas IV A SDN Tenggilis Mejoyo I Surabaya Tahun pelajaran 2021/2022 dapat dikatan efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LT Textbooks
N Fine Arts > NE Print media
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Ilham Komarudin PERPUS
Date Deposited: 05 Dec 2022 07:30
Last Modified: 05 Dec 2022 07:30
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2230

Actions (login required)

View Item
View Item