PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 4 DI KELAS III SDN MENANGGAL 601 SURABAYA

Istikasari, Risa (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 4 DI KELAS III SDN MENANGGAL 601 SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adibuana Surabaya.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (623kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (94kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (184kB)
[thumbnail of 8. DAPUS.pdf] Text
8. DAPUS.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (177kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Istikasari, Risa. 2022. Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Pada
Pembelajaran Tematik Tema 4 di Kelas III SDN Menanggal
601 Surabaya. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Fakultas Pedagogi dan Psikologi. Universitas PGRI Adi Buana
Surabaya. Pembimbing (1) Danang Prastyo, S.Pd., M.Pd.
Pembimbing (2) Susi Hermin Rusminati, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci:model pembelajaran inquiry, pembelajaran tematik.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh model pembelajaran yang
masih konvensional. Hal ini ditunjukkan masalah yang timbul
disebabkan kurangnya penerapan model yang bervariasi di dalam
pembelajaran tematik sehingga pembelajaran kurang menarik dan
siswa kurang bersemangat, karenanya guru harus merubah model
pembelajaran yang melibatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran
tematik dengan menerapkan model pembelajaran inquiry yang
memfokuskan pada siswa. Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian
ini untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar
dengan penerapan model inquiry pada pembelajaran tematik.
Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi
yang digunakan yaitu kelas III SDN Menanggal 601 Surabaya
meliputi kelas III A, III B, dan III C. Sampel yang digunakan dalam
penelitian ini adalah kelas III B sebanyak 32 siswa. Metode
pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan
tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus
statistik deskriptif (kuantitatif deskripif) dan ketuntasan belajar
secara individu dan klasikal.
Berdasarkan hasil analisis data penelitian, diketahui bahwa
akivitas guru dan siswa dalam model pembelajaran pada
pembelajaran tematik berkategori sangat baik. Aktivitas guru
menunjukkan persentase 85%, aktivitas siswa menunjukkan
persentase 84%, ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 81,25%.
Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa akivitas guru
dan siswa dalam penerapan model pembelajaran inquiry sangat baik
dan memberikan ketuntasan hasil belajar siswa kelas III B SDN
Menanggal 601 Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Ilham Komarudin PERPUS
Date Deposited: 05 Dec 2022 08:17
Last Modified: 05 Dec 2022 08:17
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2241

Actions (login required)

View Item
View Item