PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS STEM TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA

Kurniawati, Reza Fitra (2022) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS STEM TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. Halaman Depan .pdf] Text
1. Halaman Depan .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (580kB)
[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (87kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (220kB)
[thumbnail of 8. Daftar Pustaka.pdf] Text
8. Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (158kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kurniawati, Reza F. 2022. Pengaruh Model Problem Based Learning
berbasis STEM Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV
SD Pada Mata Pelajaran Matematika. Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Pedagogi dan
Psikologi. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
Pembimbing (1) Danang Prastyo, S.Pd., M.Pd, (2) Susi
Hermin Rusminati, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci : Motivasi Belajar, Problem Based Learning,
Matematika
Problem Based Learning (PBL) merupakan salah satu model
pembelajaran yaang berpusat pada siswa, dimana intruksi dan
kurikulumnya mengambil dari permasalahan sehingga siswa dapat
menjadikan masalah sebagai batu loncatan. Penelitian ini
dilaksanakan untuk dapat mengetahui pengaruh model Problem
berbasis STEM terhadap motivasi belajar siswa kelas IV SD pada
mata pelajaran matematika.
Jenis Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif dengan
menggunakan metode eksperimen dan desain penelitian Quasi
Eksperimental Design dalam bentuk Nonequivalent Control Group
Design dengan Posttest Only. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh siswa di SDN Tenggilis Mejoyo 1 Surabaya dengan sampel
kelas IV. Variabel pada penelitian ini terdapat 2 jenis variabel yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Untuk variabel bebas adalah model Problem Based Learning berbasis STEM, sedangkan variabel terikat adalah motivasi belajar. Data dikumpulkan melalui observasi dan angket dan dianalisis dengan uji statistik. Hasil dari penelitian ini adalah nilai sig. (2-tailed) 0,000 <005. Maka dengan demikian H0 ditolak yang berarti terdapat pengaruh model PBL berbasis STEM terhadap motivasi belajar siswa kelas IV SD pada mata pelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Guruh Fitriawan PERPUS
Date Deposited: 06 Dec 2022 04:32
Last Modified: 06 Dec 2022 04:32
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2245

Actions (login required)

View Item
View Item