KORELASI MINAT BACA TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI GAGASAN POKOK DAN GAGASAN PENDUKUNG SISWA KELAS IV SDN GAYUNGAN II SURABAYA

ROHMAH, PURI NUR (2022) KORELASI MINAT BACA TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI GAGASAN POKOK DAN GAGASAN PENDUKUNG SISWA KELAS IV SDN GAYUNGAN II SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1 HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1 HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
[thumbnail of 2 ABSTRAK.pdf] Text
2 ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (208kB)
[thumbnail of 3 BAB I.pdf] Text
3 BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (336kB)
[thumbnail of 8 DAPUS.pdf] Text
8 DAPUS.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (324kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Rohmah, Puri Nur. 2022. Korelasi Minat Baca Terhadap Hasil
Belajar Materi Gagasan Pokok dan Gagasan Pendukung
Siswa Kelas IV SDN Gayungan II Surabaya. Skripsi.
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas
Pedagogi dan Psikologi. Universitas PGRI Adi Buana
Surabaya. Pembimbing (1) Dra. Dian Kusmaharti, S.Si.,
M.Pd. Pembimbing (2) Wahyu Susiloningsih, S.Pd., M.Pd.
Kata kunci: Minat Baca, Hasil Belajar.
Minat baca adalah suatu kegiatan yang dilaksanakan dengan
penuh kesadaran dan ketekunan dalam rangka membangun pola
komunikasi dengan diri sendiri untuk mencari informasi penting dan
makna tulisan. Agar peserta didik memiliki minat baca yang tinggi,
maka harus disertai keinginan yang kuat dan usaha dalam membaca.
Tinggi rendahnya minat baca akan mempengaruhi hasil belajar
peserta didik.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan hubungan minat
baca terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia materi Gagasan Pokok
dan Gagasan Pendukung di kelas IV SDN Gayungan II Surabaya,
serta meninjau apakah ada atau tidaknya hubungan minat baca
terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia materi tentang Gagasan
Pokok dan Gagasan Pendukung siswa kelas IV SDN Gayungan II
Surabaya. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif
korelasional.
Penelitian ini terdapat 2 (dua) variabel, yaitu variabel bebas Minat Baca dan variabel terikat Hasil Belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar angket dan tes. Sampel penelitian siswa kelas IV B yang berjumlah 32 siswa. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi prooduct moment. Hasil penelitian yang diperoleh adalah adanya hubungan yang signifikan minat baca terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia materi Gagasan Pokok dan Gagasan Pendukung siswa kelas IV SDN Gayungan II Surabaya. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji korelasi yang berjumlah 0,766.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Guruh Fitriawan PERPUS
Date Deposited: 06 Dec 2022 04:01
Last Modified: 06 Dec 2022 04:01
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2253

Actions (login required)

View Item
View Item