PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ADOBE FLASH TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV TEMA 5 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 5 SD HANG TUAH 10 JUANDA SIDOARJO

FEBRIANI, DINA NUR (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ADOBE FLASH TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV TEMA 5 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 5 SD HANG TUAH 10 JUANDA SIDOARJO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.docx.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.docx.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (634kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (304kB)
[thumbnail of 3. BAB 1.pdf] Text
3. BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (316kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (202kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Febriani, Dina N. 2021. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran
Berbasis Adobe Flash Terhadap Minat Belajar Siswa
Kelas IV Tema 5 Subtema 3 Pembelajaran 5 SD Hang
Tuah 10 Juanda Sidoarjo. Program Studi Pendidikan Guru
Sekolah Dasar. Fakultas Pedagogi dan Psikologi.
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing (1)
Apri Irianto, S.H., M.Pd. pembimbing (2) Pana Pramulia,
S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Media Adobe Flash, Minat Belajar Siswa
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan media Adobe
Flash terhadap minat belajar siswa kelas IV. Adanya penggunaan
media ini disebabkan kurangnya minat belajar siswa dalam mengikuti
pembelajaran. Guru hanya sebatas menggunakan buku pembelajaran
dan LKS (Lembar Kerja Siswa) sehingga kurang menarik minat
belajar siswa terhadap materi yang diberikan oleh guru. Tujuan yang
ingin dicapai pada penelitian ini untuk mengetahui pengaruh
penggunaan media Adobe Flash terhadap minat belajar siswa kelas IV
SD Hang Tuah 10 Juanda pada Tema 5 Subtema 3 Pembelajaran 5.
Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan
jenis penelitian eksperimen dengan menggunakan desain posttest-only
control subjek penelitian adalah 13 siswa kelas IV C sebagai kelas
kontrol dan IV D sebagai kelas eksperimen. Metode pengumpulan
data yang digunakan adalah angket, dan posttest. Menggunakan
metode analisis statistic dengan rumusan yang digunakan adalah Ttest.
Berdasarkan hasil angket menggunakan aplikasi SPSS versi
25 menunjukkan bahwa hasil penelitian t-test yang diperoleh yaitu
(0,003) dengan ketentuan jika sig < 0,05 maka data tersebut ada
pengaruhnya. Untuk itu dapat diartikan bahwa H0 : µ1 = µ2 artinya
ada pengaruhnya media pembelajaran Adobe Flash terhadap minat
belajar siswa kelas IV SD Hang Tuah 10 Juanda.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Guruh Fitriawan PERPUS
Date Deposited: 06 Dec 2022 03:23
Last Modified: 06 Dec 2022 03:23
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2255

Actions (login required)

View Item
View Item