STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA “OCA COLLECTION” DRIYOREJO DENGAN PENDEKATAN METODE QSPM

HAQI, ABDUL (2020) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA “OCA COLLECTION” DRIYOREJO DENGAN PENDEKATAN METODE QSPM. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADIBUANA SURABAYA.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (623kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (77kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (123kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (779kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Abdul Haqi, 2020, Strategi Pengembangan Usaha “Oca Collection” Driyorejo
Dengan Pendekatan Metode QSPM, Tugas Akhir, Program Studi Teknik Industri,
Fakultas Teknik Universitas Adi Buana Surabaya, Dosen Pembimbing : Ir. Titik
Koesdijati, M.T.
Oca Collection merupakan salah satu Usaha Kecil Menengah (UKM)
Produsen pembuat kerajinan tangan di wilayah Gresik Dalam proses
pengembangan usaha menggunakan metode analisis SWOT yaitu menganalisa
kekuatan dan kelemahan perusahaan serta peluang dan ancaman diluar perusahaan
Berfokus pada strategi pada tahap membuat perhitungan data nilai evaluasi
faktor internal (IFE) indikator kekuatan dan kelemahan sebesar 4,3 dengan skala
1-5 memungkinkan untuk memanfaatkan peluang yang ada untuk meminimalkan
tingkat ancaman. Sedangkan nilai EFE untuk indikator peluang sebesar 4,004 dan
indikator ancaman sebesar 4,607 dengan skala 1-5 memungkinkan memanfaatkan
kekuatan yang ada untuk meminimalkan tingkat faktor kelemahan.
Pada tahap keputusan menggunakan matriks QPSM yang didasarkan pada
tiga alternatif yang didapat pada tahap keputusan, yaitu Alternatif 1 yaitu
Memperbanyak jaringan untuk menambah konsumen dan membuat produk varian
baru dengan kualitas lebih tinggi. Alternatif 2 yaitu melakukan promosi lewat
media sosial. Alternatif 3 yaitu menambah tenaga kerja marketing untuk
mengelola pemasaran produk. Berdasarkan matriks QPSM tersebut diketahui nilai
tertinggi adalah pada Alternatif 1 dengan nilai sebesar 16,64 yaitu Memperbanyak
jaringan untuk menambah konsumen dan membuat produk varian baru dengan
kualitas lebih tinggi.
Kata Kunci : Oca Collection, SWOT, QSPM

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Teknik Industri (TI)
Depositing User: Ilham Komarudin PERPUS
Date Deposited: 07 Dec 2022 02:27
Last Modified: 07 Dec 2022 02:50
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2295

Actions (login required)

View Item
View Item