ENGARUH VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS IV SDN KEPUH KIRIMAN I WARU SIDOARJO

Nazilah, Amania (2022) ENGARUH VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS IV SDN KEPUH KIRIMAN I WARU SIDOARJO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. HAALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HAALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (511kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (17kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (126kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (128kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Nazilah, Amania. 2022. Pengaruh Video Animasi terhadap Hasil
Belajar Kognitif Siswa Kelas IV SDN Kepuh Kiriman
I Waru Sidoarjo. Skripsi. Program Studi Pendidikan
Guru Sekolah Dasar. Fakultas Pedagogi dan Psikologi.
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing
(1) Ida Sulistyawati, S.H., M.Pd. Pembimbing (2) Pana
Pramulia, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: video animasi, hasil belajar.
Penelitian ini dilaksanakan karena dalam satu pembelajaran
guru masih memisahkan materi pelajaran yang seharusnya materi
tersebut termuat secara tematik. Selain itu, proses pembelajaran
kurang maksimal karena siswa mengalami penyesuaian akibat
pelaksanaan pembelajaran secara daring. Maka, pemberian media
pembelajaran sangat penting dalam proses pembelajaran, salah
satunya menggunakan video animasi. Tujuan penelitian ini yaitu
untuk mendeskripsikan pengaruh video animasi terhadap hasil belajar
kognitif siswa kelas IV SDN Kepuh Kiriman I Waru Sidoarjo.
Penelitian ini termasuk dalam pendekatan penelitian
kuantitatif eksperimen dengan jenis penelitian true experimental, dan
desain penelitian posttest-only control design. Penelitian ini
menggunakan subjek berjumlah 51 siswa kelas IV SDN Kepuh
Kiriman I Waru Sidoarjo. Metode pengumpulan data menggunakan
tes yang diterapkan berupa posttest. Hasil penelitian menggunakan
analisis statistik non parametrik dengan perhitungan dibantu oleh
software SPSS Version 26.
Hasil yang diperoleh dari kelas eksperimen yaitu berjumlah
2.292 dengan rata-rata yakni 91,68. Perolehan nilai tertinggi yakni 100
sebanyak 6 siswa. Sedangkan perolehan nilai pada kelas kontrol berjumlah 2.096, dengan rata-rata 80,62. Perolehan nilai tertinggi yakni 100 sebanyak 3 siswa. Hasil perhitungan uji hipotesis menggunakan software SPSS versi 26 dibuktikan dengan nilai signifikan yakni 0,000 yang berarti nilai kurang dari 0,05 menunjukkan Ho ditolak dan Ha diterima. Maka, dapat disimpulkan bahwa video animasi berpengaruh sangat baik terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas IV SDN Kepuh Kiriman I Waru Sidoarjo.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Guruh Fitriawan PERPUS
Date Deposited: 08 Dec 2022 09:05
Last Modified: 08 Dec 2022 09:05
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2553

Actions (login required)

View Item
View Item