PENERAPAN MEDIA PERMAINAN KARTU I WANT TO BE DALAM PEMBELAJARAN PADA TEMA 4 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 1 KELAS 4 DI SD HANG TUAH 10 JUANDA

Susilawati, Devy (2019) PENERAPAN MEDIA PERMAINAN KARTU I WANT TO BE DALAM PEMBELAJARAN PADA TEMA 4 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 1 KELAS 4 DI SD HANG TUAH 10 JUANDA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (605kB)
[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (184kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (198kB)
[thumbnail of 8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf] Text
8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (8MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Susilawati, Devy. 2019. Penerapan Media Permainan Kartu I Want To
Be dalam Pembelajaran pada Tema 4 Subtema 2
Pembelajaran 1 Kelas 4 di SD Hang Tuah 10 Juanda.
Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan
Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
Pembimbing: Drs. Bahauddin Azmy, M.P.d dan Drs. H.
Atnuri, SH., M.P.d
Kata Kunci: Media permainan kartu I want to be, aktifitas pendidik
dan peserta didik, respon peserta didik, hasil belajar
Latar belakang penelitian ini adalah banyaknya materi yang
harus dihafalkan sehingga berpengaruh terhadap motivasi belajar
peserta didik yang menurun sehingga mengakibatkan pembelajaran
yang kurang efektif. Dalam penelitian ini peneliti menerapkan media
permainan kartu I want to be untuk meningkatkan motivasi belajar
peserta didik sehingga pembelajaran menjadi lebih efektif
menyenangkan dan bermakna. Tujuan penelitian ini adalah (1)
mengkaji aktifitas pendidik dan peserta didik (2) mengkaji respon
peserta didik (3) mengkaji hasil belajar.
Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif deskriptif.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV di
SD Hang Tuah 10 Juanda. Sampel yang digunakan adalah kelas IVB
di SD Hang Tuah 10 Juanda. Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini adalah observasi, angket, dan tes hasil belajar. Teknik
analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus persentase
dengan menghitung jumlah poin yang diperoleh lalu dibagi dengan
poin maksimal dan dikali 100%
Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan media
permainan kartu I want to be diketahui bahwa aktifitas pendidik
termasuk kriteria sangat baik dengan persentase yang diperoleh
sebesar 90%, aktifitas peserta didik termasuk ke dalam kriteria sangat
baik dengan perolehan 91%, respon peserta didik mendapatkan
kriteria sangat baik dengan persentase yang diperoleh sebesar 92,5%,
sedangkan untuk hasil belajar mendapatkan kriteria sangat baik
dengan perolehan persentase sebesar 92,5%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Guruh Fitriawan PERPUS
Date Deposited: 09 Dec 2022 08:11
Last Modified: 09 Dec 2022 08:11
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2573

Actions (login required)

View Item
View Item