AKTUALISASI GERAKAN LITERASI (GLS) PADA K13 DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER GEMAR MEMBACA SISWA SDN SEDATI GEDE II SIDOARJO

Pratiwy, Puput (2019) AKTUALISASI GERAKAN LITERASI (GLS) PADA K13 DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER GEMAR MEMBACA SISWA SDN SEDATI GEDE II SIDOARJO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (576kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (150kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (276kB)
[thumbnail of 8.  DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN FIX.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN FIX.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Pratiwy, Puput. 2015. Aktualisasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS)
pada K13 dalam Menumbuhkan Karakter Gemar Membaca Siswa
SDN Sedati Gede II Sidoarjo. Skripsi. Program Studi Pendidikan
Guru Sekolah Dasar. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
Pembimbing (1) Drs. H. Achmad Fanani, S.T., M.Pd. (2) Drs.
Triman Juniarso, M.Pd.
Kata Kunci : Gerakan Literasi Sekolah (GLS), dan Karakter Gemar
Mmembaca
Dampak globalisasi yang terjadi saat ini membawa masyarakat
indonesia melupakan pendidikan karakter bangsa, khususnya karakter
gemar membaca. Penanaman karakter ini sejalan dengan kondisi abad 21
yang ditandai dengan berkembangnya informasi secara cepat dan global.
Oleh karena itu diperlukan adanya aktualisasi gerakan literasi sekolah untuk
menumbuhkan karakter gemar membaca siswa. Tujuan dari penelitian ini
untuk mengetahui aktualisasi Gerakan Literasi Sekolah pada K13 dalam
menumbuhkan karakter gemar membaca di SDN Sedati Gede II Sidoarjo.
Pada penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif.
Sumber data pada penelitian ini yaitu siswa kelas IV C dengan total 33
siswa, Guru Kelas IV C serta Petugas Perpustakaan. Teknik pengumpulan
data yang digunakan yaitu wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik
analisis data yang digunakan yaitu menggunakan uji triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian dari uji triangulasi bahwa hasil wawancara adalah hasil data yang paling valid. Simpulan dari penelitian ini yaitu aktualisasi Gerakan Literasi Sekolah pada K13 dalam menumbuhkan karakter gemar membaca siswa SDN Sedati Gede II berjalan dengan baik namun belum optimal sepenuhnya. Saran ini diberikan agar guru dapat melakukan tugasnya dengan baik dalam pelaksanaan kegiatan literasi serta siswa diharapkan senantiasa memiliki karakter gemar membaca.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Guruh Fitriawan PERPUS
Date Deposited: 09 Dec 2022 08:14
Last Modified: 09 Dec 2022 08:14
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2607

Actions (login required)

View Item
View Item