PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU PUTAR PADA KEMAMPUAN BERHITUNG PESERTA DIDIK KELAS V SDN NGAGEL REJO I SURABAYA MUATAN PELAJARAN MATEMATIKA

Rumelawati, Jayanti Putri Prastina (2019) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU PUTAR PADA KEMAMPUAN BERHITUNG PESERTA DIDIK KELAS V SDN NGAGEL REJO I SURABAYA MUATAN PELAJARAN MATEMATIKA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN .pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (716kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (20kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (28kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (2MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Rumelawati, Jayanti Putri Prastina. 2019. Penerapan Media
Pembelajaran Kartu Putar Pada Kemampuan
Berhitung Peserta Didik Kelas V SDN Ngagel Rejo I
Surabaya Muatan Pelajaran Matematika. Skripsi.
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing
(1) Drs. H. Achmad Fanani, S.Pd., M.Pd. (2) Drs.
Triman Juniarso, M.Pd.
Kata Kunci: kemampuan berhitung, media kartu putar.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses
penerapan dan hasil tes peserta didik dari penerapan media
pembelajaran kartu putar pada kemampuan berhitung peserta didik
kelas V SDN Ngagel Rejo I Surabaya muatan pelajaran matematika.
Diharapkan dengan penerapan media ini peserta didik dapat merasa
lebih mudah dan terbantu kemampuan berhitungnya. Objek dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas V-ASDN Ngagel Rejo I Surabaya dengan jumlah 37 peserta didik.
Penelitian ini menggunakan metode Kuantitatif Deskriptif. Dalampengambilan data peneliti melakukan observasi aktivitas pendidik
dan peserta didik yang diamati oleh wali kelas dan dua teman
sejawat, kemudian tes tulis dengan bentuk isian untuk mengetahui
kemampuan berhitung peserta didik.
Hasil penelitian ini diperoleh: (1) data proses penerapan
media pembelajaran kartu putar berupa observasi aktivitas pendidik
dengan kegiatan inti sebesar 97,6% dan aktivitas peserta didik kelas
V-A lebih besar (95%) daripada kelas V-B (63%). (2) Kemampuan
berhitung peserta didik pada kelompok V-A (87,21%) lebih besar
daripada kelompok V-B (62,81%). Jadi, dapat disimpulkan bahwa
penerapan media pembelajaran kartu putar “Sangat Baik” dan
kemampuan berhitung peserta didik “Sangat Baik”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Guruh Fitriawan PERPUS
Date Deposited: 09 Dec 2022 07:46
Last Modified: 09 Dec 2022 07:46
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2612

Actions (login required)

View Item
View Item