PENGARUH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENAKSIRAN SISWA KELAS IV SDN KETABANG SURABAYA

Anjarsari, DEWI (2019) PENGARUH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENAKSIRAN SISWA KELAS IV SDN KETABANG SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (909kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (74kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (86kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA DAN  LAMPIRAN (wecompress.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN (wecompress.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Anjarsari, Dewi. 2019. Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis
Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Penaksiran
Siswa Kelas IV SDN Ketabang Surabaya. Skripsi. Program
Studi Pendidikan Sekolah Dasar. Universitas PGRI Adi
Buana Surabaya. Pembimbing (1) Dra. Dian Kusmaharti,
S.Si., M.Pd, (2) Danang Prastyo, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1)ada atau tidak
pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar
matematika materi penaksiran siswa kelas IV SDN Ketabang
Surabaya Tahun ajaran 2018-2019; (2)aktivitas pendidik dalam
keterlaksanaan pembelajaran berpikir kritis terhadap hasil belajar.
Jenis penelitian Quasi Eksperiment dengan desain penelitian Posttest
Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian yaitu semua
siswa kelas IV SDN Ketabang Surabaya Tahun Ajaran 2018-2019.
Teknik sampling menggunakan Non Probability Sampling sehingga
sampel penelitian yaitu kelas IV A sejumlah 34 siswa dan kelas IV B
sejumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes
yang dianalisis dengan menggunakan statitistika inferensial t test dan
observasi yang dianalisis dengan menggunakan statistika deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)ada pengaruh kemampuan
berpikir kritis terhadap hasil belajar matematika materi penaksiran
siswa kelas IV SDN Ketabang Surabaya Tahun ajaran 2018-2019;
(2)aktivitas pendidik dalam keterlaksanaan pembelajaran berpikir
kritis terhadap hasil belajar dapat dikategorikan kedalam proses
pembelajaran “sangat baik”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Guruh Fitriawan PERPUS
Date Deposited: 09 Dec 2022 08:23
Last Modified: 09 Dec 2022 08:23
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2626

Actions (login required)

View Item
View Item