Efektifitas Penggunaan Media Tangram Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas II Pada Tema 4 Hidup Bersih dan Sehat di SDN Tenggilis Mejoyo I Surabaya

ANGGRAINI, NELLA TIKA (2019) Efektifitas Penggunaan Media Tangram Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas II Pada Tema 4 Hidup Bersih dan Sehat di SDN Tenggilis Mejoyo I Surabaya. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of halaman awal.pdf] Text
halaman awal.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (763kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (83kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (103kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA .pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (39kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Anggraini, Nella Tika. 2019. Efektifitas Penggunaan Media Tangram Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas II Pada Tema 4 Hidup Bersih dan Sehat di SDN Tenggilis Mejoyo I Surabaya. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
Pembimbing (1) Dr. Rarasaning Satianingsih, S.E., M.Pd, (2) Wahyu Susiloningsih, S.Pd., M.Pd.
Kata kunci: media tangram, kemampuan, berpikir kritis.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan guru
mengunakan media tangram terhadap kemampuan berpikir kritis
siswa kelas II pada tema 4 hidup bersih dan sehat di SDN Tenggilis Mejoyo I Surabaya. Untuk mengetahui aktivitas siswa dalam kemampuan berpikir kritis kelas II pada tema 4 hidup bersih dan sehat di SDN Tengilis Mejoyo I Surabaya. Untuk mengetahui hasil belajar siswa mengunakan media tangram terhadap kemampuan berpikir
kritis siswa kelas II pada tema 4 hidup bersih dan sehat di SDN
Tengilis Mejoyo I Surabaya. Penelitian ini termasuk penelitian
kuantitatif deskriptif inferensial. Populasi yang digunakan adalah
kelas II SDN Tenggilis Mejoyo I Surabaya. Sampel yang diambil
adalah siswa kelas II-A dan siswa kelas II-B SDN Tenggilis Mejoyo I
Surabaya. Desain penelitian ini menggunakan Quasi Experimental
Design karena tidak dipilih secara random, dengan menggunakan
Posttest Only Control Group Design. Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini adalah observasi dan tes hasil belajar. Teknik analisis
data dalam penelitian ini menggunakan statistik parametris (uji-t)
dibantu dengan cara manual
Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan media
tangram diketahui bahwa, kemampuan guru termasuk kriteria sangat
baik, aktifitas siswa juga termasuk ke dalam kriteria sangat baik.
Untuk hasil belajar ada pengaruh yang signifikan dengan penggunaan
media tangram terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas II di
SDN Tenggilis Mejoyo I Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Guruh Fitriawan PERPUS
Date Deposited: 13 Dec 2022 03:44
Last Modified: 13 Dec 2022 03:44
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2677

Actions (login required)

View Item
View Item