PENGARUH PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DENGAN MEDIA FRACTIONAL LEARNING CARD TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN SISWA KELAS IV SDN TENGGILIS MEJOYO 1 SURABAYA

Nurwindya, Mery (2019) PENGARUH PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DENGAN MEDIA FRACTIONAL LEARNING CARD TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN SISWA KELAS IV SDN TENGGILIS MEJOYO 1 SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (652kB)
[thumbnail of MERY ASBTRAK.pdf] Text
MERY ASBTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (182kB)
[thumbnail of 2. BAB 1.pdf] Text
2. BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (157kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (264kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Nurwindya, Mery. 2019. Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik
Dengan Media Fractional Learning Card Terhadap Hasil
Belajar Materi Pecahan Siswa Kelas IV SDN Tenggilis
Mejoyo 1 Surabaya. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru
Sekolah Dasar. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
Pembimbing (1) Dra. Dian Kusmaharti, S.Si., M.Pd., (2)
Danang Prastyo, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Pendekatan Matematika Realistik, Media Fractional
Learning Card, Hasil belajar matematika.
Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui proses aktivitas
guru dalam penerapan pendekatan matematika realistik dengan
media fractional learning card pada pembelajaran matematika materi
pecahan siswa dan pengaruh penerapan pendekatan matematika
realistik dengan media fractional learning card terhadap hasil belajar
materi pecahan siswa kelas IV SDN Tenggilis Mejoyo 1 Surabaya.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan
rancangan penelitian Quasi Eksperimental Design Posttest Only
Control Design Nonequivalent Control Group Design. Sampel
penelitian yaitu siswa kelas IV SDN Tenggilis Mejoyo 1 Surabaya
yang berjumlah 54, menggunakan Teknik Probability Cluster
Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan
tes. Teknik analisis data menggunakan uji-t dan presentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru dalam
penerapan pendekatan matematika realistik dengan media fractional
learning card menunjukkan persentase 92% yaitu sangat baik.
Terdapat pengaruh penerapan pendekatan matematika realistik
dengan media fractional learning card terhadap hasil belajar materi
pecahan siswa kelas IV SDN Tenggilis Mejoyo 1 Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Guruh Fitriawan PERPUS
Date Deposited: 13 Dec 2022 06:43
Last Modified: 13 Dec 2022 06:46
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2698

Actions (login required)

View Item
View Item