PENGARUH MEDIA RODA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN TENGGILIS MEJOYO 1 SURABAYA

PANDONGAN, NELLA CIMONUSSARI (2019) PENGARUH MEDIA RODA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN TENGGILIS MEJOYO 1 SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of HALAMAN AWAL.pdf] Text
HALAMAN AWAL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
[thumbnail of NELLA ABSTRAK.pdf] Text
NELLA ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (184kB)
[thumbnail of 3. BAB 1.pdf] Text
3. BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (166kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (171kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Pandongan, Nella Cimonussari. 2019. Pengaruh Media Roda Gambar
Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Tenggilis Mejoyo
1 Surabaya Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah
Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas
PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing: (I) Dra. Sri
Mulyaningsih, M.S dan (II) Dr. Rarasaning Satianingsih, SE., M.Pd

Kata Kunci: Media Roda Gambar, Keterampilan Bertanya Siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
penggunaan media roda gambar untuk meningkatkan ketrampilan
bertanya siswa kelas IV SDNTenggilis Mejoyo I Surabaya, teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan
tes, sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas IV/A SDN
Tenggilis Mejoyo I Surabaya yang berjumlah 27 siswa. Teknik
pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik
Purposif Sampling. Hasil pretes siswa yang diambil sebelum siswa
diberikan pembelajaran rata-rata nilai siswa sebesar 78,2 dan nilai
postes siswa yang diambil setelah diberikan perlakuan sebesar 86,9,
hasil tersebut menunjukan bahwa nilai siswa mengalami kenaikan yang signifikan setelah diberikan perlakuan. nilai hasil belajar siswa rata-rata berada di atas SKM (nilai tesnya lebih dari 65), sebagian dari 27 siswa terhitung nilai rata-ratanya sebesar 86,7. Hal ini menunjukan bahwa seluru siswa kelas sampel mengalami keberhasilan belajar. Hasil uji hipotesis menunjukan pengujian uji t mempunyai nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai Thitung > Ttabel sehingga dapat disumpulkan H1 dapat diterimah: Terdapat pengaruh penggunaan media roda gambar untuk meningkatkan ketrampilan bertanya siswa kelas IV SDN Tenggilis Mejoyo I Surabaya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Guruh Fitriawan PERPUS
Date Deposited: 13 Dec 2022 07:05
Last Modified: 14 Dec 2022 02:51
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2700

Actions (login required)

View Item
View Item