PENGARUH PERMAINAN MERONCE TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG 1-10 ANAK KELOMPOK A RA DARUL MUTTAQIN SADANG TAMAN SIDOARJO

Nayyiroh, Zahrotun (2019) PENGARUH PERMAINAN MERONCE TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG 1-10 ANAK KELOMPOK A RA DARUL MUTTAQIN SADANG TAMAN SIDOARJO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (711kB)
[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (225kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (179kB)
[thumbnail of 8. Daftar Pustaka & Lampiran.pdf] Text
8. Daftar Pustaka & Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Zahrotun Nayyiroh. 2019. Pengaruh Permainan Meronce Terhadap
Kemampuan Berhitung 1-10 Anak Kelompok A RA Darul
Muttaqin Sadang Taman Sidoarjo. Program Studi
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Adi
Buana Surabaya. Pembimbing I: Aisyah, S.Psi., M.Pd.
Pmbimbing II: Isabella Hasiana, S.Psi., M.Psi.
Kata Kunci: permainan meronce, kemampuan berhitung anak.
Penelitian ini dilatar belakangi perkembangan kemampuan
berhitung 1-10 anak yang masih kurang karena pendidik hanya
memberikan pembelajaran yang konvensional yaitu dengan
menghitung abstrak tanpa benda nyata sehingga anak mengalami
kesulitan, anak kurang semangat, merasa bosan, dan jenuh.
Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah ada pengaruh
permainan meronce terhadap kemampuan berhitung 1-10 anak
kelompok A RA Darul Muttaqin Sadang Taman Sidoarjo. Tujuan
penelitian ini untuk mengetahui “Pengaruh Permainan Meronce
Terhadap Kemampuan Berhitung 1-10 Anak Kelompok A RA Darul
Muttaqin Sadang Taman Sidoarjo”.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan jenis
one-group pretest-posttest design. Teknik pengumpulan data
menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Instrument yang
digunakan berupa lembar observasi. Adapun teknik analisis data
yang digunakan yaitu uji t dengan indikator keberhasilan yang diukur
berdasarkan adanya perubahan skor hasil pretest dan posttest.
Berdasarkan analisa data diperoleh nilai t hitung = 52.10 lebih besar
daripada nilai t tabel= 2.06 dengan taraf signifikansi 5% maka dapat
dikatakan hipotesis kerja diterima.
Hasil ini menunjukkan bahwa perkembangan berhitung 1-10
anak sesudah menggunakan permainan meronce lebih baik daripada
sebelum menggunakan permainan meronce. Dapat disimpulkan
bahwa penggunaan permainan meronce ada pengaruh terhadap
kemampuan berhitung 1-10 anak kelompok A RA Darul Muttaqin
Sadang Taman Sidoarjo.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
Depositing User: Guruh Fitriawan PERPUS
Date Deposited: 16 Dec 2022 08:34
Last Modified: 16 Dec 2022 08:34
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2882

Actions (login required)

View Item
View Item