KINERJA ARUS LALU LINTAS RUAS JALAN RUNGKUT INDUSTRI RAYA

AUWE, JEKY (2021) KINERJA ARUS LALU LINTAS RUAS JALAN RUNGKUT INDUSTRI RAYA. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adibuana Surabaya.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (154kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (299kB)
[thumbnail of 9. DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.pdf] Text
9. DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (3MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

(Jeky Auwe), 2021, Kinerja Arus Lalu Lintas Ruas Jalan Rungkut Industri Raya, Tugas Akhir,
Program Studi: Perencanaan Wilayah dan Kota Fakultas Teknik Universitas PGRI Adi Buana
Surabaya, Dosen Pembimbing: Linda Dwi Rohmadiani, ST., MT.
Ruas Jalan Rungkut Industri Raya berada di Kawasan Surabaya Industri Estate Rungkut (SIER)
merupakan jalan kolektor primer dengan tipe jalan 4/2 UD sepanjang ± 1,4 Km dan lebar jalan ± 6
meter. Penelitian terdahulu menyebutkan bahwa jalan tersebut termasuk jalan padat lalu lintas
karena aktifitas industri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisi kinerja dan pengaruh hambatan
samping terhadap kinerja arus lalu lintas pada ruas Jalan Rungkut Industri Raya. Metode analisis
menggunakan deskriptif kuantitatif dengan teknik analisis berdasarkan Pedoman Kapasitas Jalan
Indonesia (PKJI) Tahun 2014. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan observasi
dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa geometri Jalan Rungkut Industri Raya
memiliki rumija sebesar 7 – 8 meter, rumaja sebesar 14 – 16 meter dan ruwasja sebesar 28- 35 meter,
volume lalu lintas tertinggi adalah 7874 smp/jam dengan nilai kecepatan kendaraan ringan sebesar
51,15 km/jam, serta nilai derajat kejenuhan sebesar 0,58 untuk jalur barat ke timur, dan 0,73 untuk
jalur timur ke barat. Pengalihan faktor hambatan samping kendaraan keluar atau masuk maka terjadi
peningkatan kapasitas jalan yang berkisar 365 smp/jam, peningkatan kecepatan arus kendaraan
ringan sebesar 5,5 km/jam, penurunan derajat kejenuhan berkisar 0,17-0,29 di arah barat ke timur,
dan 0,05-0,49 di arah timur ke barat, serta tingkat pelayanan jalan yang semula C akan berkurang
menjadi B jika tanpa adanya hambatan samping.
Kata Kunci: Hambatan Samping, Kinerja Jalan, Tingkat Pelayanan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK)
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 10 Aug 2022 02:59
Last Modified: 22 Nov 2022 07:44
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/293

Actions (login required)

View Item
View Item