Pengaruh Media Math Scrabble Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Muatan Pelajaran Matematika Kelas V SDN Sedati Gede II Sidoarjo

Anggraini, Vivi Sintiyah (2019) Pengaruh Media Math Scrabble Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Muatan Pelajaran Matematika Kelas V SDN Sedati Gede II Sidoarjo. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (720kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (118kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (28kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (6MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada tuntutan abad ke 21 salah satunya kemampuan berpikir kritis. Namun kenyataannya masih terbilang rendah terutama pada mata pelajaran matematika yang sering dianggap sulit oleh peserta didik. Diperlukannya sarana untuk penyampaian pesan agar tercapainya tujuan pembelajaran yang efektif dan efisien dengan menggunakan media pembelajaran yang inovatif yaitu math scrabble. Dengan menggunakan media math scrabble melatih peserta didik untuk berpikir lebih kompleks dalam menyelesaikan masalah dengan cara menganalisis, mengatur strategi, menyimpulkan, dan berhitung. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media math scrabble terhadap kemampuan berpikir kritis siswa muatan pelajaran matematika kelas V SDN Sedati Gede II Sidoarjo tahun pelajaran 2018-2019. Merupakan penelitian kuantitatif, bentuk desain penelitian quasy eksperimental design dengan rancangan posttest only control design. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN Sedati Gede II Sidoarjo, kelas VA berjumlah 41 peseta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas VB berjumlah 41 peserta didik sebagai kelas kontrol. Adapun teknik pengambilan data menggunakan intrumen tes yang kemudian diuji menggunakan uji t. Berdasarkan hasil analisis data pada taraf signifikansi 5% diperoleh harga thitung 7 > ttabel 1,99, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh media math scrabble terhadap kemampuan berpikir kritis muatan pelajaran matematika kelas V SDN Sedati Gede II Sidoarjo.
Kata Kunci: berpikir kritis, math scrabble, matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Endah Yuni PERPUS
Date Deposited: 20 Dec 2022 08:23
Last Modified: 20 Dec 2022 08:23
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2948

Actions (login required)

View Item
View Item