Analisis Pembelajaran Pendidikan Jasmani Berbasis Problematika Daring Di Era Pandemi Di Smp N 7 Gresik

Nizam, Khairul (2021) Analisis Pembelajaran Pendidikan Jasmani Berbasis Problematika Daring Di Era Pandemi Di Smp N 7 Gresik. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1.HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1.HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (572kB)
[thumbnail of 2.ABSTRAK.pdf] Text
2.ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (90kB)
[thumbnail of 3.BAB I.pdf] Text
3.BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (164kB)
[thumbnail of 8.DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8.DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (927kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa bagaimana
pembelajaran Pendidikan Jasmani secara daring di era pandemi di
SMP Negeri 7 Gresik. Penelitian ini menggunakan desain penelitian
deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini
adalah dengan wawancara, observasi, dokumentasi, dan pengambilan
angket. Dan subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas
VII-D dan satu orang guru Pendidikan Jasmani di SMP Negeri 7
Gresik. Dan teknik analisa data dalam penelitian ini dilakukan
dengan mereduksi data, display data, dan membuat kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan
pembelajaran Pendidikan Jasmani secara daring di SMP 7 Gresik
masih belum bisa dikatakan berhasil karena belum mencapai
beberapa tujuan yang hendak dicapai. Hal ini dikarenakan belum
tercapainya tujuan pembelajaran yang telah direncanakan oleh guru
Pendidikan Jasmani. Serta kegiatan pembelajaran secara daring tidak
selalu sesuai dengan RPP yang telah dibuat oleh guru. Dan
berdasarkan hasil angket yang dibagikan kepada peserta didik kelas
VII-D SMP Negeri 7 Gresik, 71.4% menyatakan sangat setuju untuk
pernyataan malas mengikuti pembelajaran penjas secara daring
karena membutuhkan koneksi internet yang banyak dan lancar,
54.3% pernyataan tidak menyukai pembelajaran penjas karerna
merasa tidak baik dalam olahraga, 37.1% menyatakan tidak setuju
untuk praktek gerak aktivitas jasmani di rumah setelah guru
memberikan materi pembelajaran, 40% menyatakan sangat setuju,
vii
dan 22.9% menyatakan setuju untuk mengikuti pembelajaran penjas
karena dapat mengembangkan keterampilan gerak.
Kata kunci: pendidikan jasmani, pembelajaran daring, pembelajaran
online

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Jasmani (PenJas)
Depositing User: Retno Sulistyanto PERPUS
Date Deposited: 10 Aug 2022 04:21
Last Modified: 16 Dec 2022 03:22
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/303

Actions (login required)

View Item
View Item