UPAYA MENINGKATKAN TEKNIK PASSING BAWAH DENGAN METODE (DIRECT INSTRUCTION) PADA PERMAINAN BOLAVOLI

Effendi, Muhammad (2020) UPAYA MENINGKATKAN TEKNIK PASSING BAWAH DENGAN METODE (DIRECT INSTRUCTION) PADA PERMAINAN BOLAVOLI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (615kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (9kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (177kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kesulitan yang sering dihadapi oleh pemain dalam
penguasaan teknik passing bawah adalah malasnya atlet untuk latihan
passing bawah karena secara psikis tidak menarik dan tidak sabar
dalam berlatih teknik ini. Akibatnya sering terjadi kegagalan tim- tim
dalam suatu pertandingan dipengaruhi sangat besar oleh sumbangan
passing bawah/recive service tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk
Mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran langsung (Direct
Instruction) dalam upaya meningkatkan kemampuan teknik passing
bawah pada permainan bola voli.Penelitian ini merupakan Penelitian
Tindakan Kelas yang dilaksanakan di kelas X SMAN I TAMAN
SIDOARJO.Penelitian ini dilaksanakan tiga siklus.Setiap siklus
terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan
tindakan, tahap observasi, dan tahap refleksi.Instrumen penelitian
terdiri dari lembar observasi siswa.Data observasi dianalisis
menggunakan rumus rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, dan
kisaran nilai.Data tes perbuatan dianalisis menggunakan rata-rata
kelas dan ketuntasan belajar klasikal. Hasil analisis menunjukkan
dari 24 siswa pada kondisi awal jumlah siswa yang mencapai nilai
KKM 75 baru 4, dan pada siklus I meningkat menjadi 13 siswa ,
kemudian pada siklus II, meningkat menjadi 19 siswa yang mencapai
nilai KKM 75 bahkan lebih. Sehingga ketuntasan klasikal dalam
kelas tersebut sudah mencapai lebih dari 75% siswa yang tuntas
belajar.
Kata Kunci: Pembelajaran Langsung, Passing Bawah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Jasmani (PenJas)
Depositing User: Retno Sulistyanto PERPUS
Date Deposited: 16 Jan 2023 07:32
Last Modified: 16 Jan 2023 07:32
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/3292

Actions (login required)

View Item
View Item