THE IMPLEMENTATION OF USING MIND MAPPING TECHNIQUE ON TEACHING VOCABULARY IN EIGHTH GRADE SMP SITI AMINAH SURABAYA

Rahmatina, Abyati (2021) THE IMPLEMENTATION OF USING MIND MAPPING TECHNIQUE ON TEACHING VOCABULARY IN EIGHTH GRADE SMP SITI AMINAH SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADIBUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (711kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (152kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (269kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Rahmatina, Abyati 2021. The Implementation of Using Mind
Mapping Technique on Teaching Vocabulary in
Eighth Grade SMP Siti Aminah Surabaya. Skripsi.
Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Fakultas
Ilmu Sosial dan Humaniora. Universitas PGRI Adi
Buana Surabaya. Pembimbing : Dr. Endang Mastuti
Rahayu, M.Pd.
Kata kunci : Peta Pikiran, Teknik Pemetaan Pikiran, Kosa kata,
Pengajaran
Kosakata adalah aspek penting pertama dalam pembelajaran
bahasa. Kosa kata adalah kunci dari semua elemen kemampuan yang
sangat berpengaruh. Dalam mempelajari bahasa yang memiliki
banyak aspek prestasi siswa perlu menguasai kosakata terlebih
dahulu untuk menguasai aspek lainnya. Untuk itulah, pada
kesempatan ini peneliti mencoba menggali berbagai macam teknik
untuk membantu mereka dalam menguasainya sekaligus memberikan
solusi atas permasalahan belajar mereka.
Peneliti kemudian memutuskan untuk menggunakan teknik
mind mapping yang dipopulerkan oleh Tony Buzan pada tahun 1974,
seorang ahli pengembangan potensi manusia dari Inggris, dalam
pembelajaran kosakata yang dilaksanakan di sekolah. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Peneliti mengambil
data dari observasi partisipan, angket dan wawancara dengan respon
siswa terhadap pembelajaran dibantu oleh guru kolaborator. Peneliti
mengidentifikasi apa yang dibutuhkan siswa dalam upaya
mengembangkan keterampilan kosakata dan mengetahui kemajuan
belajar siswa melalui pembelajaran yang menyenangkan.
Hasil penelitian dari observasi menemukan bahwa peserta
mendapatkan teknik mind mapping ini dengan baik dan antusias
sebagai teknik yang menyenangkan sekaligus membantu
mengembangkan kemampuan kosa kata mereka. Teknik ini berhasil
diterapkan dalam proses pengambilan keputusan dan membantu
siswa menemukan pendekatan yang lebih seimbang untuk masalah
belajar mereka terutama dalam mempelajari kosakata.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISH) > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Ilham Komarudin PERPUS
Date Deposited: 22 Dec 2022 07:49
Last Modified: 22 Dec 2022 07:49
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/3321

Actions (login required)

View Item
View Item