THE EFFECT OF USING MNEMONIC TECHNIQUE ON THE STUDENTS’ VOCABULARY ACHIEVEMENT FOR EIGHTH GRADE OF SMPN 21 SURABAYA

Kuspita, Zulfirdah Arinie (2020) THE EFFECT OF USING MNEMONIC TECHNIQUE ON THE STUDENTS’ VOCABULARY ACHIEVEMENT FOR EIGHTH GRADE OF SMPN 21 SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (126kB)
[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (204kB)
[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (752kB)
[thumbnail of 8. Daftar Pustaka & Lampiran.pdf] Text
8. Daftar Pustaka & Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: teknik mnemonic, prestasi kosa kata
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan ada atau tidaknya
pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan teknik mnemonik
pada prestasi kosakata siswa untuk kelas VIII di SMPN 21 Surabaya.
Peneliti memperhatikan bahwa banyak siswa memiliki masalah dalam
menghafal dan memahami kosa kata. Masalahnya adalah sebagian
besar siswa tidak menyukai pelajaran bahasa Inggris, karena itu
memaksa mereka menemui dengan banyak kata yang tidak dikenal.
Diperlukan teknik pengajaran yang menarik untuk membuat siswa
tertarik dan tidak bosan. Dengan menggunakan teknik mnemonik,
siswa dapat mempelajari kosakata dengan lebih mudah dan lebih
bahagia.
Untuk mendapatkan data, peneliti menggunakan penelitian
kuantitatif dengan desain kelompok kontrol pre-test dan post-test.
Populasinya diambil dari siswa kelas dua di SMPN 21 Surabaya
dengan total 442 siswa. Penulis menggunakan teknik Cluster Random
Sampling untuk memilih sampel. Penulis menggunakan VIII-F
sebagai kelompok eksperimen dan VIII-G sebagai kelompok kontrol.
Untuk mendapatkan data, penulis menggunakan tes objektif untuk
melengkapi tabel dengan kata kerja teratur dan tidak teratur. T-test
digunakan untuk menganalisis data.
Berdasarkan analisis data, thitung adalah 3,01 dan standar
signifikan 5% adalah 1,66629. Ditemukan bahwa thitung lebih tinggi
dari ttabel (3,01> 1,66629). Dengan kata lain. H1 (Hipotesis Alternatif)
diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif yang
signifikan terhadap penggunaan teknik mnemonik pada prestasi kosa
kata siswa untuk kelas delapan di SMPN 21 Surabaya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISH) > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 28 Dec 2022 03:33
Last Modified: 28 Dec 2022 03:33
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/3536

Actions (login required)

View Item
View Item