NAME-MENTIONING AND VISUAL-USE IN PRESCRIBED INDONESIAN JUNIOR HIGH SCHOOL ENGLISH TEXTBOOK: A MULTIMODAL ANALYSIS

Agustin, Erika Meidini Widya (2020) NAME-MENTIONING AND VISUAL-USE IN PRESCRIBED INDONESIAN JUNIOR HIGH SCHOOL ENGLISH TEXTBOOK: A MULTIMODAL ANALYSIS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN (1).pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN (1).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (539kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK (1).pdf] Text
2. ABSTRAK (1).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (118kB)
[thumbnail of 3. BAB 1.pdf] Text
3. BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (141kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (724kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kata Kunci : buku bahasa Inggris, analisis multimodal, budaya
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap representasi
penyebutan nama dan penggunaan visual dalam edisi ketiga buku
teks ELT sekolah menengah pertama Indonesia untuk kelas VII yang
diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia
pada tahun 2017. Oleh karena itu, penelitian ini memiliki dua
pertanyaan: (1) Peneyebutan nama dan penggunaan visual apa yang
direpresntasikan dalam edisi ketiga buku teks ELT sekolah
menengah pertama Indonesia untuk kelas VII yang diterbitkan oleh
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia pada tahun
2017? (2) bagaimana representasi dihasilkan? Untuk mendukungnya,
penelitian ini menggunakan analisis multimodal yang dikemukakan
Kress.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan
multimodalitas. Data penelitian yang diambil adalah nama dan
gambar karakter, dan sumber datanya adalah edisi ketiga buku teks
ELT sekolah menengah pertama Indonesia untuk kelas VII yang
diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia
pada tahun 2017. Teknik pengumpulan data adalah dokumentasi.
Teknik analisis adalah interpretasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Buku Teks Bahasa
Inggris mewakili keanekaragaman budaya Indonesia dan dapat
ditemukan dari nama menyebutkan dan eksposisi penggunaan visual.
Nama yang disebutkan dalam buku yakni Siti, Lina, Beni, Udin, Edo,
dan Dayu yang dilengkapi dengan gambar untuk menggambarkan
dan mendukung representasi karakter. Hasil penelitian ini diharapkan
dapat member wawasan yang lebih jelas mengenai penyebutan nama
dan penggunaan visual dalam buku teks karena penelitian ini
menggunakan analisis multimodal sebagai analisis data primer.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISH) > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 29 Dec 2022 01:56
Last Modified: 29 Dec 2022 01:56
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/3596

Actions (login required)

View Item
View Item