EFL STUDENTS’ SELF-CONFIDENCE USING SCIENTIFIC APPROACH IN WRITING DESCRIPTIVE TEXT AT SMP HANG TUAH 1

KHALIMAH, SITI (2020) EFL STUDENTS’ SELF-CONFIDENCE USING SCIENTIFIC APPROACH IN WRITING DESCRIPTIVE TEXT AT SMP HANG TUAH 1. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (444kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (230kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (183kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: Kepercayaan Diri Siswa EFL, Menulis Deskriptif
Teks.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana siswa EFL
percaya diri dalam menerapkan pendekatan ilmiah dalam menulis
teks deskriptif dan faktor-faktor apa yang berkontribusi terhadap kepercayaan diri siswa dalam belajar menulis teks deskriptif dengan menggunakan
pendekatan ilmiah. Penelitian ini memilih kegiatan siswa di
mengamati, menanya, mencoba, mengasosiasi, mengkomunikasikan.
Jadi, pendekatan saintifik sangat penting untuk meningkatkan
percaya diri. Selain itu, penelitian ini dilakukan untuk menulis deskriptif
kegiatan teks tentang diri mereka sendiri.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dan digunakan
kuesioner dan wawancara untuk mengumpulkan data. Penelitian ini adalah
dilakukan di SMP Hang Tuah 1 Surabaya pada tahun pelajaran 2019/2020
tahun. Tiga puluh tiga siswa diambil sebagai sampel untuk menulis deskriptif
teks, setelah siswa mengisi angket dan wawancara.
Hasil analisis data menunjukkan adanya
kepercayaan diri siswa berkontribusi pada kegiatan menulis mereka. Dia
terjadi karena kepercayaan diri siswa membuat siswa
lebih percaya pada diri mereka sendiri, termotivasi dan kurang cemas. Selain itu
itu membuat siswa lebih percaya diri dalam menulis, mereka melakukannya sendiri
tanpa mengganggu siapapun. Ditemukan bahwa kepercayaan diri spesifik domain yang memiliki skor tertinggi memilih SA (kuat
setuju) dan A (setuju). Ditemukan juga bahwa strukturnya benar dan
kosakata juga benar. Dengan demikian, peneliti mengklaim bahwa
kepercayaan diri siswa membawa kesan positif bagi siswa
siswa. Ini juga akan bermanfaat bagi guru EFL di Indonesia
mendorong siswanya untuk membuat siswa lebih percaya diri
kemampuan menulis mereka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISH) > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 29 Dec 2022 02:28
Last Modified: 29 Dec 2022 02:28
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/3600

Actions (login required)

View Item
View Item