THE EFFECTIVENESS OF USING RENDERFOREST MEDIA ON THE STUDENTS WRITING ACHIEVEMENT FOR 10th GRADE OF MAN SIDOARJO

Febriani, Riska (2020) THE EFFECTIVENESS OF USING RENDERFOREST MEDIA ON THE STUDENTS WRITING ACHIEVEMENT FOR 10th GRADE OF MAN SIDOARJO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (992kB)
[thumbnail of 2. ABSTRACT.pdf] Text
2. ABSTRACT.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (350kB)
[thumbnail of 3. CHAPTER I.pdf] Text
3. CHAPTER I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (105kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kata Kunci : Renderforest, Prestasi Menulis
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas
penggunaan media renderforest pada prestasi menulis siswa. Masalah
siswa sulit menulis adalah Kosakata yang rendah, tata bahasa, dan
pengucapan. Para siswa sering merasa bosan dan kurang menarik
karena guru tidak menggunakan media. Berdasarkan masalah,
peneliti memilih media Renderforest sebagai solusi untuk
memecahkan masalah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan
dua grup yaitu kelompok design pre-test dan post-test. Populasi dari
kelas 10 di MAN Sidoarjo yang terdiri dari 494 siswa dalam 13
kelas. Peneliti menggunakan cluster random sampling sebagai teknik
percobaan. Sampel dari penelitian ini terdiri dari 76 siswa. Peneliti
mengambil kelas X IPA 6 sebagai kelas eksperimen dan X IPA 7
sebagai kelas control. Teknik pengumpulan data adalah ujian lisan.
Teknik menganalisis data menggunakan rumus t-test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa t-hitung 2.373 dan
derajat kebebasan 74. Nilai dari t-tabel 1.992 dengan taraf signifikan
0.05. Menyimpulkan bahwa hasil dari nilai t-hitung lebih tinggi
daripada t-tabel. Jadi, Ha (Hipotesis alternatif) diterima dan H0
(Hipotesis Nol) ditolak. Berdasarkan data analisis, bisa disimpulkan
bahwa pengajaran menulis menggunakan media renderforest bisa
memberi pengaruh positif terhadap prestasi menulis siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISH) > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 29 Dec 2022 03:14
Last Modified: 29 Dec 2022 03:14
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/3607

Actions (login required)

View Item
View Item