INDONESIAN EFL STUDENT TEACHERS’ EXPERIENCE OF TRANSNATIONAL TEACHING PRACTICE

KARTIKA, VIRA AYU (2020) INDONESIAN EFL STUDENT TEACHERS’ EXPERIENCE OF TRANSNATIONAL TEACHING PRACTICE. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (618kB)
[thumbnail of 2. Abstrak fix.pdf] Text
2. Abstrak fix.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (456kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (106kB)
[thumbnail of 8. Referensi dan lampiran.pdf] Text
8. Referensi dan lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Keywords: Student teachers, experience, teaching practice,
transnational.
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi tantangan
praktik mengajar guru siswa Indonesia di negara di mana bahasa
Inggris secara resmi menjadi bahasa kedua. Secara lebih spesifik,
penelitian ini melaporkan tantangan guru siswa selama praktik
mengajar mereka di sekolah menengah pertama di Filipina dan strategi
mereka untuk menghadapi tantangan ini.
Studi ini dibingkai dalam pendekatan studi kasus kualitatif di
mana wawancara individu dan dokumen pribadi (artefak) digunakan
untuk meliput pertanyaan penelitian. Ada 3 peserta yang terlibat dalam
penelitian ini, mereka adalah guru siswa Pendidikan Bahasa Inggris
dari Adi Buana Surabaya yang bergabung dengan SEA GURU (Guru
Asia Tenggara).
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar
guru siswa menghadapi tantangan selama praktik mengajar mereka di
kelas yang berkaitan erat dengan faktor-faktor terkait akademik dan
sosial dan budaya. Sebagian besar guru siswa Indonesia berusaha
untuk mengatasi masalah bahasa Inggris karena bahasa Inggris untuk
siswa Filipina adalah bahasa kedua mereka. Masalah ini seputar
kelancaran siswa Filipina dalam berbahasa Inggris. Berkenaan dengan
faktor-faktor terkait sosial dan budaya, guru siswa tidak cukup
nyaman dengan situasi kelas di mana siswa yang memiliki jenis
kelamin yang sama cenderung menunjukkan orientasi seksual mereka
v
di kelas. Meskipun mereka menemukan pengajaran dan ruang kelas
cukup menantang, mereka secara kreatif mencari strategi untuk
mengatasi tantangan mereka. Salah satu strategi untuk menangani
masalah bahasa adalah mereka menyiapkan materi dengan baik
termasuk mempersiapkan permainan untuk kegiatan kelas, sementara
strategi untuk mengatasi situasi kelas adalah dengan melibatkan siswa
yang mendiskusikan masalah antar budaya dan pemahaman antara
budaya Indonesia dan Filipina. Studi ini diharapkan dapat
berkontribusi pada pengetahuan tentang pemahaman lintas budaya
yang perlu diperhatikan dan dipelajari oleh para guru Bahasa
Indonesia untuk profesi mereka di masa depan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISH) > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 29 Dec 2022 03:43
Last Modified: 29 Dec 2022 03:43
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/3612

Actions (login required)

View Item
View Item