POLITENESS STRATEGIES USED BY JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS IN SIDOARJO: FOCUSING ON REQUESTING FORM

Firmany, Ines (2020) POLITENESS STRATEGIES USED BY JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS IN SIDOARJO: FOCUSING ON REQUESTING FORM. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of halaman depan.pdf] Text
halaman depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
[thumbnail of 2. Abstract.pdf] Text
2. Abstract.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (450kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (365kB)
[thumbnail of 8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf] Text
8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (2MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kata kunci: Kesopanan, Wajah Negatif, Wajah Positif
Kesopanan didefinisikan sebagai “kontak percakapan
diskursif”, yang sangat bergantung pada pemahaman diam-diam
tentang syarat dan ketentuan kontak itu (Murphy, 1999, hal.233)
berkenaan dengan penelitian ini, penulis mencoba mengungkap
strategi kesopanan yang digunakan oleh siswa SMP di Sidoarjo
dengan menekankan bentuk permintaan. Oleh karena itu pertanyaan
penelitian dirumuskan; (1) Strategi kesantunan seperti apa yang
digunakan oleh siswa SMP dalam bentuk permintaan? (2) Mengapa
siswa SMP tersebut menggunakan bentuk permintaan itu di kelas?
Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Lebih spesifik,
penelitian ini berpusat pada satu kelas saja, yaitu kelas 8. Sumber
data dalam penelitian ini adalah bentuk-bentuk kesopanan yang
ditunjukan oleh siswa dalam kegiatan belajar mengajar dikelas, dan
naskah wawancara yang diperoleh dari siswa yang diinterview.
Pendekatan penilitian ini adalah studi kasus (Cresswel, 2007). Ini
digunakan untuk mengerti strategi kesopanan yang digunakan oleh
siswa SMP di Sidoarjo dalam situasi, waktu dan konteks tertentu.
Setelah menganalisis data berdasarkan pertanyaan penelitian,
dapat disimpulkan bahwa siswa-siswa lebih banyak menggunakan
strategi kesopanan langsung atau wajah positif ketika
mengungkapkan permintaan kepada teman-temannya dan
menggunakan strategi tidak langsung atau wajah negatif ketika
mengajukan permintaan kepada gurunya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISH) > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 29 Dec 2022 03:54
Last Modified: 29 Dec 2022 03:54
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/3613

Actions (login required)

View Item
View Item